BRI Akan Luncurkan 74 Ribu Kartu Tani

Lebak- Bank BRI Cabang Rangkasbitung bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan kehutan Kabupaten Lebak akan meluncurkan 74 ribu kartu tani guna memudahkan berbagai aktivitas petani di Lebak.
Pimpinan BRI Cabang Rangkasbitung, Edi Siswanto mengatakan, acara Sosialisasi Kartu Tani ini diiukuti oleh para UPT Dinas Pertanian, PPL, pemilik kios atau agen pupuk resmi se-Lebak. Edi mengatakan, sosialisasi ini penting dilakukan kepada UPT, PPL dan Para agen pupuk karena terkait data petani yang jumlahnya sekitar 74 ribu petani BRI akan bekerjasama dengan mereka.
“Kartu Tani adalah kartu yang digunakan oleh petani untuk membeli pupuk bersubsidi di toko atau agen pupuk resmi sesuai dengan luas lahan yang dimiliki oleh petani,” kata Edi, saat sosialiasi kartu tani di Gedung Sugri Rangkasbitung, Kamis (7/9/2017).
Lanjutnya, Kartu tani ini dikeluarkan oleh BRI yang bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan perkebunan Kabupaten Lebak. Untuk bisa mendapatkan kartu tani ini, petani harus menjadi anggota kelompok tani di desa masing-masing.
“Kartu tani ini juga bisa digunakan untuk transaksi, karena petani bisa menyimpan uangnya dan kartu tani itu bisa jadi kartu ATM dan jenis tabungannya adalah tabungan ku,” ujarnya.
Lanjutnya, dengan diterbitkannya kartu tani ini, pihaknya berharap mempunyai data tunggal. Penggunaan pupuk bersubsidi yang sesuai dengan luasan lahan yang dimiliki masing-masing petani akan diketahui melalui kartu tani ini.Kartu Tani ini berupa kartu debit yang nantinya dapat digesek pada EDC BRI yang ditempatkan di distributor pupuk dimana saja diseluruh wilayah.
“Kartu tani ini akan kita cetak secepatnya setelah data seluruh tani kita dapat, untuk itu kami harap bantuannya kepada seluruh UPT, PPL dan pemilik kios pupuk untuk segera mendata kelompok tani dimasing-masing wilayahnya,” papar Edi.
Sementara itu, kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak, Dede Supriatna mengatakan, pihaknya mewajibkan kepada seluruh petani di Lebak agar memiliki kartu tani. Karena, saat ini banyak program pemerintah terkait pertanian yang disubsidi seperti pupuk dan benih. Kartu tani ini bertujuan untuk menertibkan dan mengetahui secara pasti jumlah petani yang menggunakan pupuk bersubsidi.
“Kami harapakan dengan diterbitkannya Kartu Tani ini dapat membantu pemerataan distribusi pupuk bersubsidi bagi para petani yang berhak mendapatkannya, sehingga penyalurannya dapat tepat sasaran dan kita targetkan kartu tani ini dapat diluncurkan Oktober 2017,” tuturnya.
social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE