Bupati Iti Sebut Keberadaan Ponpes Di Lebak Perlu Ditingkatkan

Lebak- Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengatakan keberadaan Pondok Pesantren di Kabupaten Lebak perlu ditingkatkan mengingat di era modern saat ini keberadaan pondok pesantren mulai teralihkan terlebih dengan banyaknya tekhnologi canggih yang mulai merangsak masuk kedalam masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten Lebak.
“pesantren juga berperan mendidik anak bangsa dalam menimba ilmu keislaman dan semangat kebangsaan, warisan para ulama terdahulu yang memiliki kultur, karakter dan kearifan lokal,”kata Iti saat meresmikan Pondok Pesantren Daarul Ulum dan pondok pesantren Sabilil Huda di desa pagelaran Kecamatan Malingping, Rabu (19/7/17).
Menurutnya, Pondok Pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan yang lahir Jauh sebelum Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdiri, peran pondok pesantren dalam mengawal pergerakan kemerdekaan hingga berdirinya NKRI sudah Tidak diragukan lagi. kata bupati Iti dalam sambutanya.
“walaupun dengan anggaran yang sangat terbatas, pemerintah kabupaten lebak terus berupaya untuk membangun sumber daya manusia melalui pendidikan pesantren ditengah arus zaman era modern ini,”ujarnya.
Kata Iti, Program pengembangan pondok pesantren harus berkelanjutan tiap tahun dan harus mengalami peningkatan pada tahun-tahun mendatang agar dapat melanjutkan kembali perjuangan demi memajukan pondok pesantren di Kabupaten Lebak.
“Keberadaan pesantren di Kabupaten Lebak harus menjamur dan jangan sampai punah,”tegasnya.
Ketua Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Kecamatan Malingping KH. Idin Marsidin berharap pemerintah daerah bisa menambah alokasi bantuannya untuk pondok pesantren di wilayahnya, mengingat terdapat 150 pondok pesantren yang masih membutuhkan bantuan dari segi sarana dan prasarana.
social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Website Security Test