Upaya Bupati Meningkatkan Kinerja Pemerintahan

Upaya Bupati Meningkatkan Kinerja Pemerintahan

Bupati Lebak saat berkoordinasi dengan KEMENPAN dan RB

Bupati Lebak saat berkoordinasi dengan KEMENPAN dan RB


JAKARTA
– Dalam upaya meningkatkan pemerintahan yang akuntabel berdasarkan prinsip akuntabilitas publik sebagai rambu-rambu dalam tata kelola pemerintahan, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya melakukan koordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (KEMENPAN) dan Reformasi Birokrasi (RB), di Jakarta kamis (17/11/16).

Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Muhammad Yusuf Ateh memaparkan bahwa keberadaan SKPD harus terasa manfaatnya oleh masyarakat misalnya dinas pertanian harus berfungsi meningkatkan produksi hasil pertanian sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. selain itu RPJMD agar mempunyai prioritas yang didukung semua program OPD yg ada.

“Sebelumnya harus meningkatkan pemahaman anggaran yang efisien dan nyata bisa dirasakan oleh masyarakat.” ungkap Muhammad yusuf Ateh dalam diskusinya.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengungkapkan pentingnya bimbingan dan dukungan dari KEMENPAN dan RB dalam memaksimalkan pencapaian kinerja sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat

” Kami memerlukan bimbingan dan arahan dari KEMENPAN dan RB agar pencapaian kinerja Pemerintah Kabupaten Lebak dapat dirasakan oleh masyarakat” ujar bupati.

KEMENPAN dan RB dalam menindaklanjuti PP nomor 60 tahun 2008 dan peraturan presiden nomor 29 tahun 2014 telah melakukan pembinaan kepada seluruh instansi pemerintah, yakni dalam bentuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Pemborosan yang terjadi pada instansi pemerintah sebenarnya dapat dilakukan pencegahan jika implementasi SAKIP telah diterapkan secara konsisten sejak perencanaan dan penganggaran, implementasi SAKIP akan mengarahkan penganggaran yang berbasis kepada outcomes. (kek, hms)

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *