Bupati Lebak Melantik Anggota Dewan Pendidikan

Bupati Lebak Melantik Anggota Dewan Pendidikan

Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya memberikan selamat kepada Dewan Pendidikan yang telah dikukuhkan masa bakti 2016 – 2021, di Aula Multatuli Setda Lebak, Rangkasbitung, Lebak, Banten, Jumat (17/022017).

Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya memberikan selamat kepada Dewan Pendidikan yang telah dikukuhkan masa bakti 2016 – 2021, di Aula Multatuli Setda Lebak, Rangkasbitung, Lebak, Banten, Jumat (17/022017).

LEBAK,- Kemajuan Daerah kuncinya adalah manusia terdidik, segala capaian yang dicapai secara individu maupun sebagai warga masyarakat tidak lepas dari persinggungan dengan pendidikan. Hal itu dijelaskan oleh Bupati Lebak, Hj. Iti Octavia Jayabaya ketika mengukuhkan Anggota Dewan Pendidikan Kabupaten Lebak Periode 2016 – 2021, di Aula Multatuli Setda Lebak, Rangkasbitung, Lebak, Banten, Jumat (17/022017).

Anggota-Anggota Dewan Pendidikan Kabupaten Lebak Periode 2016 – 2021 yang dikukuhkan dengan Keputusan Bupati Lebak Nomor 420/541-Dissikbud/2016 yaitu Adin Wahyudin, Nunung Nustara Syam, Iman Sampurna, dan Dhila Fadhilla.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan bahwa mutu dan jenjang pendidikan berdampak besar pada ruang kesempatan untuk maju dan sejahtera, maka menurutnya, Pemerintah Kabupaten Lebak akan memastikan setiap warganya untuk mendapatkan akses pendidikan yang bermutu dengan memastikan kejayaan dan keberlangsungan daerah.

“Salah satu dukungan yang kita perlu kita berikan kepada anak didik adalah memastikan bahwa apa yang mereka pelajari saat ini sesuai dengan yang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan zaman.” Ujar Iti.

Bupati mengatakan bahwa keterampilan yang dibutuhkan oleh anak-anak abad ini mencakup 3 komponen yaitu kualitas karakter, kemampuan literasi dan kompetensi. Menurutnya, karakter sendiri terdiri atas 2 bagian. Pertama, karakter moral yaitu nilai Pancasila, keimanan, ketakwaan, keadilan, empati, rasa welas asih, sopan santun. Kedua, karakter kinerja, meliputi kerja keras, ulet, tangguh, rasa ingin tahu, inisiatif, gigih, kemampuan beradapatasi dan kepemimpinan.

Literasi Dasar, menjadi komponen yang perlu diperhatikan. Literasi dasar memungkinkan anak-anak meraih ilmu dan kemampuan yang lebih tinggi serta menerapkannya dalam kehidupan.

“Literasi tidak hanya baca tulis, tapi harus diperkuat oleh literasi sains, literasi teknologi, literasi finansial dan literasi budaya.” katanya.

Kepada Anggota Dewan Pendidikan yang dilantik, Bupati juga berpesan agar Dewan Pendidikan dapat melaksanakan fungsi dan tugasnya secara optimal. Semua pihak yang terkait dengan pelaksanaan fungsi dan tugas Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah harus dapat memberikan dukungan dan kerja sama secara sinergis.

“Dewan Pendidikan Kabupaten Lebak dapat mendorong hadirnya anak-anak Lebak yang tidak asing dengan daerahnya sendiri.” Pungkasnya.

Anggota Dewan pendidikan Kabupaten Lebak, Iman Sampurna mengatakan akan bekerja keras untuk menjaga eksistensi Dewan Pendidikan guna peningkatan kualitas pendidikan di Lebak.

“Dewan pendididikan Kabupaten Lebak dapat berkarya dan memberikan ruang bagi anak-anak Lebak untuk berkontribusi memajukan dirinya, memajukan masyarakat dan memajukan budayanya.” Kata Iman.

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *