Distanak Lebak Vaksinasi 300 Ekor Anjing

Lebak- Dinas Peternakan (Distanak)  Kabupaten Lebak melakukan vaksinasi terhadap 300 ekor anjing yang tersebar di 28 kecamatan, Kabupaten Lebak.  Vaksinasi dilakukan sebagai upaya Distanak mencegah penyebaran virus rabies dilingkungan masyarakat Kabupaten Lebak.
“Jumlah populasi anjing di Kabupaten Lebak sebanyak 12.000 ekor. Sebanyak 300 ekor diantaranya sudah kita lakukan vaksinasi,” kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Kabupaten Lebak Anmurza, Rabu (29/11/2017).
Menurut Anmurja, vaksinasi dilakukan terhadap anjing liar serta peliharaan milik warga. pelayanan vaksinasi tidak dipungut biaya.
“Bagi warga yang memelihara hewan anjing kami minta untuk segera dilakukan vaksinasi. Gratis, tidak ada pungutan terhadap pemilik,” katanya.
Anmurza mengatakan, populasi anjing liar paling banyak tersebar di wilayah Lebak selatan. Diantaranya di Kecamatan Cilograng, Wanasalam, Malingping, Cijaku, Cibeber dan Kecamatan Bayah.
Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Lebak Iman Santoso menambahkan, pemberian vaksinasi merupakan upaya Distanak dalam mencegah anjing terkena virus rabies.”Selain melakukan vaksinasi sedikitanya lebih dari seratus ekor anjing liar selama tahun 2017 sudah kita eliminasi (pemusnahan). Itu dilakukan bukanlah sebagai upaya pembantaian tetapi mencegah ancaman penyakit rabies,” katanya.
Anjing liar yang dielimansi merupakan anjing yang teridentifikasi terkena viruas rabies yang kerap kali melakukan tindakan penyerangan terhadap penduduk sekitar. Sehingga berpotensi menyebarkan virus rabies.
“Untuk anjing liar yang dimusnakan paling banyak dari wilayah Lebak selatan. Kendati sudah kita lakukan pemusnahan jumlah populasi masih banyak karena memang setahun bisa beranak dua kali,”katanya
social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Website Security Test