Dongkrak Suasembada Pangan, Pemkab Genjot Penanaman Serampak

Dongkrak Suasembada Pangan, Pemkab Genjot Penanaman Serampak

Penaman serempak di Desa Tambak Baya bersama Kelompok Tani Tambak Baya dan poto penyerahan traktor oleh Dandim 0603 Lebak Letkol INF CZI Ubaidilah

Penaman serempak di Desa Tambak Baya bersama Kelompok Tani Tambak Baya dan poto penyerahan traktor oleh Dandim 0603 Lebak Letkol INF CZI Ubaidilah


LEBAK
,- Dinas Pertanian Kabupaten Lebak kembali mencanangkan penanaman padi serempak pada April-September dengan target capaian tambah tanam seluas 49,282 Hektar. Namun dari luas target hingga per tiga minggu terakhir pada Bulan September Dinas Pertanian mampu melebihi target hingga mencapai 50,551 Hektar.

Penanaman serentak dilakukan secara menyeluruh di beberapa lokasi sentra pertanian di Kabupaten Lebak, dengan tujuan lebak mampu menjadi lumbung padi Provinsi mendongkrak swasembada pangan Indonesia.

Penanaman padi serempak difokuskan pada jenis faritas unggul baru Mekongga yang memiliki kelebihan dan potensinya cukup tinggi, tahan dengan Hama Wereng Batang Coklat (WBC) dan daun padinya cenderung menjulang ke atas.

“Faritas unggulan jenis Mengga ini Selain rasa nasinya relatif lebih enak, kualitasnya pun sangat berpotensi dan berlimpah. Mekongga tersebut merupakan silangan padi jenis Ciherang dan IR, masyarakat petani di Lebak lebih menyenangi jenis padi tersebut, potensi diatas lebih dari 6 Ton GKG Gabah kering giling dalam Satu Hektar, bahkan mampu panen lima kali dalam Dua tahunnya,” kata Dede Supriatna Kepala Dinas Pertanian Lebak saat ditemui dilokasi Kamis (29/9/2016).

Menurutnya, target penanaman serentak diprioritaskan pada akhir April September. Luas Lahan tanam mencapai 53000 Hektar, Provinsi telah menetapkan wilayah lebak sebagai wilayah pertanian, Produk Domestik Regional Bruto, suatu nilai hasil pertanian disatu wilayah, sehingga lebak dianggap sangat berpotensi sebagai lumbung pangan Provinsi Banten.

Sementara dikatakan Komandan Kodim 0603 Lebak, Letkol INF JZI Ubaidilah target penanaman serempak ini dilakukan untuk mendongkrak target swasembada pangan indonesia juga sebagai lumbung padi Provinsi Banten.

“Intinya ini akan terus kita genjot sehingga capaian target tersebut dapat kita hasilkan secara maksimal, Pungkasnya singkat.

Sementara itu selain lakukan penanaman serentak Dandim 0603 Lebak pun menyerahkan bantuan traktor untuk para kelompok tani sebanyak 59 Unit, yang diserahkan secara langsung kepada para kelompok tani di BBI Pertanian Kabupaten Lebak Kamis (29/9/2016). (Na)

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE