Expose Hasil Visitasi Peserta Diklatpim II LAN RI

Expose Hasil Visitasi Peserta Diklatpim II LAN RI

ekspos hasil visitasi

Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya menghadiri Expose Hasil Visitasi Peserta Diklatpim II LAN RI terhadap kondisi Desa Mekarsari Kecamatan Rangkasbitung dan Desa Cibadak Kecamatan Cibadak terkait percepatan pembangunan di desa tersebut di ruang kerja Bupati Setda Rangkasbitung, Lebak, Banten, Kamis (23/3/2017).

Kelompok Kerja (POKJA),Peserta Diklatpim II LAN RI Desa Mekarsari yang terdiri dari Ersi, Rosyida, Murni, Azmi, Bambang, Atqo, Eman diwakili oleh Atqo dalam Expose-nya dihadapan Bupati memaparkan hasil visitasi bahwasanya Desa Mekarsari masih memiliki beberapa permasalahan terkait percepatan pembangunan desa, yaitu di bidang tenaga kerja, pendidikan dan bidang ekonomi dimana dibidang tenaga kerja atqo menjelaskan rendahnya penyerapan tenaga kerja lokal di desa mekarsari pada perusahaan yang berlokasi di desa tersebut dan kurang optimalnya BUMDES serta Belum adanya fasilitas pendidikan non formal (Paket A/B/C, Taman Bacaan Umum, Perpustakaan Desa).

Atqo memaparkan beberapa program solusi jangka pendek dan jangka panjang untuk menyelesaikan permsalahan yang di hadapi Desa Mekarari saat ini.

“Strategi Peningkatan Kapasitas Masyarakat adalah melalui Komunikasi dan Edukasi di Desa Mekarsari, Kecamatan Rangkabitung” Ungkapnya.

Untuk Kelompok Kerja (POKJA), Peserta Diklatpim II LAN RI Desa Cibadak yang terdiri dari Moh. Yanuar, Amral Fery,Sadjan, Astuti Idris,Bambang Sugeng,Luthfi Solihin,Tuty Kusumawati,Maman Sudarisman diwakili Moh. Yanuar menjelaskan beberapa masalah yang ditemukan di desa tersebut saat ini adalah masalah di bidang ekonomi, sosial, SDM aparatur dan infrastruktur.

Yanuar memaparkan di Desa Cibadak belum adanya puskesmas pembantu (Pustu), dan pelayanan kepada masyarakat miskin kurang optimal serta keterbatasan Sumber daya manusia (SDM) pengelola desa sehingga para pengelola desa banyak yang belum memahami tata kelola desa yang baik.

Beberapa program inovasi telah disusun oleh POKJA Desa Cibadak baik program jangka pendek, menengah dan panjang agar percepatan pembangunan di Desa tersebut dapat dilaksanakan secara maksimal dan merata itu perlu dukungan seluruh pihak stakeholder baik masyarakat maupun pemerintah.

“Berdasarkan identifikasi terhadap stakeholders, maka stakeholder Camat dan BPD mempunyai interest dan pengaruh yang significant terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat. Dukungan Sekda, Disperindag, Distan, Koperasi dan UMKM harus mempunyai interest terhadap inovasi ini, yang didukung oleh interest yang tinggi dari babinsa dan babinkabtimas serta kelompok tani.” Ungkapnya.

Bupati Lebak Hj. Iti Octavia jayabaya mengapresiasi Expose Hasil Visitasi Peserta Diklatpim II LAN RI dalam rangka percepatan pembangunan di desa-desa Kabupaten Lebak.

“Saya mendukung seluruh saran dan solusi yang diberikan Team Advance LAN-RI dan para POKJA visitasi, agar percepatan pembangunan di desa-desa dapat dilaksanakan dengan baik agar program Lebak Cerdas, Lebak Sehat dan Lebak Sejahtera dapat tercapai”. Pungkasnya.

Dalam acara Expose Hasil Visitasi Peserta Diklatpim II LAN RI, Kementerian Sosial memberikan bantuan berupa sepeda motor Trill yang akan dipergunakan Dinas Sosial Kabupaten Lebak untuk menunjang kegiatan Dinas sosial di lapangan.

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *