Gebray Pajak Daerah 2016 dan Launching Pajak Terhutang (SPPT-PBB-P2) Tahun 2017

Gebray Pajak Daerah 2016 dan Launching Pajak Terhutang (SPPT-PBB-P2) Tahun 2017

Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya didampingi Wakil Bupati Ade Sumardi dan Para Kepala OPD Kabupaten Lebak Menghadiri acara Gebray Pajak Daerah 2016

Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya didampingi Wakil Bupati Ade Sumardi dan Para Kepala OPD Kabupaten Lebak Menghadiri acara Gebray Pajak Daerah 2016

Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya didampingi Wakil Bupati Ade Sumardi dan Para Kepala OPD Kabupaten Lebak Menghadiri acara Gebray Pajak Daerah 2016 sekaligus Launching Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (SPPT PBB-P2) Kabupaten Lebak Tahun 2017 di Aula Latansa Hall Jl Bypass Soekarno Hatta Rangkasbitung Lebak Banten, Senin (27/2/2017).

Bupati menjelaskan bahwa pajak daerah dan restribusi daerah merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang penting guna membiayai pelaksanaan pemerintahan daerah sesuai dengan yang diamanahkan Undang-Undang No. 28 Tahun 2009 tentang pajak dan restribusi daerah.

Dijelaskan rendahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Lebak menuntut pemerintah untuk berupaya lebih giat untuk meningkatkan segala pontensi menaikan jumlah PAD untuk percepatan pembangunan di kabupaten lebak guna kebaikan dan kesejahteraan masyarakat.

“Berdasarkan hasil evaluasi , target PAD Kabupaten Lebak Tahun 2016 sebesar 320,167 Milyar lebih dan realisasinya sebesar 304,538 Milyar Lebih atau 95,12 Persen yang terdiri dari pajak daerah 63,133 Milyar lebih, restribusi daerah sebesar 13,441, kekayaan daerah yang dipisahkan sebesar 3,134 Milyar lebih dan lain-lain PAD yang sah sebesar 224,829 Milyar lebih.” Ungkapnya.

Bupati menyebutkan beberapa permasalahan terkait rendahnya penerimaan PAD yaitu optimalisasi diantaranya, basis data wajib pajak yang dimiliki belum akurat, kesadaran sebagian wajib pajak dalam hal memenuhi kewajibannya membayar pajak belum maksimal dan laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lebak belum sesuai dengan yang diharapkan, sehingga berdampak terhadap penerimaan daerah dari sumber-sumber PAD kurang optimal serta keterbatasan sumber daya menusia dalam mengelola pendapatan.

” Diperlukan langkah-langkah optimalisasi untuk mengoptimalkan pendapatan daerah seperti melakukan pemutahiran data, perluasan basis pajak dan restribusi, melaksanakan sistem pelayanan dan administrasi perpajakan, mendorong iklim usaha dan investasi, penguatan penegakan hukum bagi penghindar pajak, memperbaiki fasilitas-fasilitas objek restribusi melalui berbagai perbankan infrastruktur pendukung restribusi” jelasnya.

Bupati berharap antara pemerintah dan masyarakat terjalin sinergitas yang baik sehingga masyarakat faham akan pentingnya pajak bagi pembangunan di segala sektor, pendidikan, kesehatan dan pembangunan infrastruktur yang dampak baiknya untuk masyarakat itu sendiri.

“Pajak menyatukan hati, membangun negeri atau daerah. bahwa dengan pajak, kita dapat menyatukan hati dan membangun daerah, artinya sebagian besar kebutuhan pembangunan daerah berasal dari dana yang dikumpulkan masyarakat melalui pajak.” Pungkasnya.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Sofian menyebutkan tujuan dari diadakannya acara ini sebagai evaluasi pajak daerah 2016, meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kewajiban membayar pajak daerah dan upaya pencapaian taget pajak 2017. Ade juga memberikan penghargaan terhadap para pihak yang taat membayar pajak baik pihak pemerintah maupun pihak swasta di tahun 2016 ini.

“Semua komponen masyarakat sepakat baik tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pengusaha dan tokoh komponen lainnya sepakat menyatukan hati untuk membayar pajak daerah dalam upaya membangun membiaya pembangunan daerah di berbagai bidang untuk percepatan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat” ungkapnya.

Ade juga menghimbau kepada sejumlah desa di 28 kecamatan agar melunasi pajak khususnya PBB-P2 pokok ketetapan tahun 2016 dan menargetkan sebesar 274,929 Milyar lebih di Tahun 2017 ini.

Acara Gebray Pajak Daerah 2017 sekaligus Launching Pajak Terhutang (SPPT-PBB-P2) diramaikan dengan tarian tradisional pembukaan dan di hadiri oleh seluruh Kepala OPD, camat,kepala desa dan pihak-pihak swasta di Kabupaten Lebak.

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *