HPN 2018, Pjs Bupati Lebak Minta Masyarakat Tangkal Berita Hoax

Lebak- Maraknya informasi di era globalisasi seperti Berita Hoax (Berita bohong) saat ini mendapat perhatian dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lebak dan Pejabat sementara (Pjs) Bupati Lebak bersama jajaran OPD Lebak.

Pjs Bupati Lebak Ino S Rawita meminta masyarakat harus kritis dalam menyikapi sebuah berita. Informasi yang didapatkan jangan langsung diterima begitu saja, tapi harus memfilternya terlebih dahulu.

“Mari kita lebih bijak menyikapi berita di Medsos. Bila menemukan berita yang belum jelas sumbernya jangan langsung disebarkan. Lebih baik dibiarkan,” Ujar Ino saat memberikan sambutan pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang digelar di Pasar Sampay, kecamatan Warunggunung, kabupaten Lebak, Rabu (28/2).

Menurut Ino, orang tua kini memiliki andil besar dalam memerangi berita Hoax. Salah satunya dengan cara memeriksa Handphone (Hp) anak agar tidak disalah gunakan.

“Mari kita tangkal berita yang sifatnya bohong. Jangan sampai menyentuh anak-anak kita,” tegasnya.

Sementara itu, Dewan Kehormatan PWI Banten, Agus Sandjadirja mengatakan, berita bohong (Hoax) yang tidak sesuai dengan data dan fakta dapat merusak dan menimbulkan kekacauan ditengah masyarakat.

Ia menegaskan, di era keterbukaan informasi ini berbagai macam informasi mudah di akses dan disebarluaskan melalui Media Sosial (Medsos). Menurutnya, maraknya berita yang tidak benar, kerap menghiasi media massa, baik cetak maupun online.

‪Karena itu, Agus menyarankan kepada masyarakat bila mengetahui hal demikian untuk melaporkan kepada instansi yang berwenang.

‪”Dilaporkan saja, kami siap mendampingi jika ditemukan yang seperti ini, karena kami juga siap menindak oknum yang tidak bertanggungjawab,” tandasnya.

Dalam rangkaian kegiatan HPN 2018 tersebut langsung diakukan penandatangan Deklarasi Masyarakat Anti Hoax oleh Pjs Bupati Lebak Ino S Rawita bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemda Lebak, Kasdim Mayor Djaswadi, Wakapolres Lebak Kompol Fredya, Perwakilan Kejari Lebak, Wakil ketua DPRD Lebak Yogy Rochmat, Camat Warunggunung dan PWI.

Selanjutnya acara disusul dengan penyerahan bantuan, pengobatan gratis dan pertunjukan Debus Pencak Silat dari Padepokan Rajawali Emas Warunggunung.

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Website Security Test