IGTKI Lebak Gelar Manasik Haji Bagi Anak Usia Dini

IGTKI Lebak Gelar Manasik Haji Bagi Anak Usia Dini

Suasana Manasyik Haji yang digelar IGTKI Kabupaten Lebak.

Suasana Manasyik Haji yang digelar IGTKI Kabupaten Lebak.

LEBAK – Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Lebak, menyelenggarakan Peragaan manasik haji bagi Siswa siswi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK), sebagai pengenalan pendidikan nilai agama dan moral sejak dini.

Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Stadion Ona Rangkasbitung tersebut, diikuti sebanyak 212 PAUD/TK yang tersebar di 18 kecamatan sekabupaten Lebak, Rabu (7/9/2016).

Sekertaris panitia manasik haji Hasanah mengatakan kegiatan peragaan manasik untuk memperkenalkan rukun Islam ke 5 sejak dini. Melalui peragaan-peragaan agar anak lebih mengenal tidak hanya tahu teorinya saja dan mengerti prakteknya.

“Disini anak dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji, misalnya rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji, dari sejak dini ” Ujarnya.

Disamping itu, menurut Hasanah, kegiatan ini juga bisa memberikan pemahaman baik kepada anak dan juga orang tua, karena orang tua bisa langsung menyaksikan kegiatan anaknya dan juga sebaliknya anak melihat orang tuanya ikut dalam kegiatan tersebut.

Mengingat hal ini harus juga bisa dipahami oleh orangtua anak, bahwa pendidikan sekarang lebih mengacu kepada cara pendidikan Parented, antara anak dan orangtua harus sama-sama mengerti tentang pendidikan anak sekarang.

Acara yang dibuka Ibunya, Bunda PAUD Kabupaten Lebak, Ani Ade Sumardi tersebut, merupakan agenda tahunan yang sekarang memasuki tahun ke empat dalam pelaksanaanya.

“Kegiatan manasik haji ini sangat bermanfaat agar kita memahami hal-hal apa saja yang harus dilakukan pada saat melakukan ibadah haji nantinya” Ujar Ani. (adit)

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *