Jelang HUT 189, Pohon Di Lebak Dibalut Kain Batik, Ada Apa?

Jelang HUT 189, Pohon Di Lebak Dibalut Kain Batik, Ada Apa?

Lebak- Puluhan pohon di Kabupaten Lebak dibaluti kain batik khas Lebak bermotif “Caruluk Saruntuy” menjelang hari jadi ke 189 pada 2 Desember 2017 mendatang.
Panitia Hari Jadi HUT Lebak 189 Dodi Irawan mengatakan tema hari jadi tahun 2017 ini memiliki tema Kebanggaan Lebak. Ada huruf “N” pada tema hari jadi tersebut dimana mewakili diksi nature atau alam.
“Dibungkusnya menggunakan kain batik Caruluk Saruntuy merupakan sebuah ajakan untuk menjaga diri dan lingkungan,”kata Dodi ketika dihubungi BantenHits, Sabtu (18/11/2017).
Menurutnya, salah satu pepatah baduy berbunyi “Lebak Teu Menang Diruksak” (Lembah/tanah tidak boleh dirusak-red) yang disimbolkan dengan melindungi pohon yang selalu memberikan ketedugan dan memberi manfaat bagi kehidupan.
“Dipilihnya motif batik Saruntuy lantaran melambangkan kehidupan yang sauyynan meskipun berbeda-beda suku, budaya dan agama namun tetap memberikan manfaat bagi sesama,”jelasnya.
Sederhananya, Sambung Dodi, selama ini pohon yang merupakan aset pemerintah telah dijadikan media iklan oleh masyarakat dengan menempelkan berbagai informasi dan jualan produk,  hal tersebut dianggap tidak benar dan mengganggu K3.
“dengan dipakaikan sarung kita menyampaikan untuk tidak memasang benda apapun pada media pohon Dan bersama – sama menjaga pohon dan kelestarian Lingkungan,”ujarnya.
Semangat kabupaten Lebak untuk menjaga kebersihan, dapat disampaikan ke masyarakat untuk bersama-sama menjaga pohon Dan tumbuhan serta memuliakan tumbuhan sebagai bagian dari kehidupan manusia untuk berdampingan dengan alam karena pohon mengeluarkan H2O untuk di hirup manusia.
Pantauan dilapangan pohon-pohon yang sudah dibalut Kain batik terdapat di Pendopo Bupati Lebak, Jalan Abdi Negara dan sejumlah OPD dilingkungan pemerintah daerah.
social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Website Security Test