Jelang Idhul Adha, Ribauan Hewan Qurban Di Lebak Diperiksa

Jelang Idhul Adha, Ribauan Hewan Qurban Di Lebak Diperiksa

Lebak- Sebanyak 2 ribu hewan qurban menjelang hari raya idhul adha berhasil diperiksa tim dinas peternakan Kabupaten Lebak guna menjaga kesehatan dan kebugaran hewan.
Kepala dinas Peternakan Kabupaten Lebak Iman Santoso mengatakan pemeriksaan baru dilakukan di 21 lapak yang berada di zona 1 Kabupaten Lebak yakni Kecamatan Warunggunung, Rangkasbitung, Cibadak dan sekitarnya.
“Kita perijsa postur tubuh, kesehatannya dan kelayakan untuk diqurbankan,”kata Iman ketika meninjau kesehatan hewan qurban di Ponpes Manahijussadat Cibadak, Senin (21/8/2017).
Iman mengklaim selama pemeriksaan di 21 lapak, pihaknya belum menemukan adanya hewan qurban yang sakit atau tidak layak. Mayoritas ternak yang diperiksa sudah memenuhi syarat untuk dijadikan qurban pada saat Idul Adha.
“Syaratnya kan harus jantan, sehat , tidak kurus , testis terdapat 2. untuk sapi minimal 2 tahun sedangkan kambing 1 tahun,”tuturnya.
Menurutnya, tim juga sudah di sebar di masing-masing Kecamatan untuk terus memantau dan memeriksa kesehatan hewan qurban di wilayahnya masing-masing.
“Kalau ditemukan yang sakit atau cacat kita rehabilitasi dan obati, kalau tidak memungkinkan ya kita minta untuk tidak dijual,”katanya.
Iman juga menghimbau masyarakat yang ingin berqurban sebaiknya cerdas dalam memilih dan menentukan hewan qurban agar dalam pelaksanaannya bisa maksimal.
“Kalau mengikuti himbauan saya yakin semuanya aman-aman saja,”tegasnya.
Untuk diketahui tim dinas peternakan memberikan kalung berwarna biru yang menyatakan hewan qurban tersebut sudah sehat dan telah diperiksa tim dinas.
social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *