KANIRA IV Bentuk Karakter Bangsa

KANIRA IV Bentuk Karakter Bangsa

Wakil Bupati Lebak, H. Ade Sumardi, selaku Ka Kwarcab Lebak menjadi Pembina Upacara dalam pembukaan Perkemahan Lomba Kanira

Wakil Bupati Lebak, H. Ade Sumardi, selaku Ka Kwarcab Lebak menjadi Pembina Upacara dalam pembukaan Perkemahan Lomba Kanira


LEBAK
,- Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Lebak menggelar kegiatan Perkemahan Lomba Kanira (Kata, Seni, Dan Raga) Cabang IV Tahun 2016, dengan tema “Bersatu Dalam Pramuka, Bersaing Dalam Prestasi”.

Kegiatan ini berlangsung selama empat hari, dari hari Sabtu-Selasa, 24 s/d 27 September 2016, di bumi perkembahan Pasir Roko Kecamatan Cimarga. Dalam kesemptan itu, Wakil Bupati Lebak, H. Ade Sumardi, selaku Ka Kwarcab Lebak menjadi Pembina Upacara dalam pembukaan Perkemahan Lomba Kanira tersebut.

Dalam sambutannya, sebagai ketua Kwartir Cabang lebak, menyampaikan mengenai pentingnya kegiatan kepramukaan bagi pembentukan karakter bangsa.

“Kegiatan kepramukaan yang adik-adik ikuti ini merupakan sebuah wadah dalam membentuk karakter bangsa, yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Adik-adik juga harus memahami bagaimana secara sosio-historis Pancasila dilahirkan. Secara konsep, Pancasila dicetuskan oleh Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945, dan diambil dari nilai-nilai kultur dan budaya nusantara. Banyak orang yang cerdas dan pintar, tapi dia menggadaikan identitas kebangsaannya. Kita harus menjadi warga bangsa yang bersyukur kepada Tuhan YME, karena limpahan-Nya atas bangsa-negara yang kaya ini”, jelas Ade Sumaedi penuh semangat dengan diselingi pekikan salam Pramuka.

Ade Sumardi juga menyinggung mengenai nilai lebih dari proses pembelajaran dalam kepramukaan adalah belajar harus diikuti dengan perasaan senang dan gembira.

“Pramuka itu harus senang dan gembira, kita belajar dengan senang dan gembira. Jika kita bisa belajar tentang kehidupan melalui gerakan kepramukaan dengan senang dan gembira, maka kita akan bisa menjadi generasi emas yang siap menghadapi kehidupan nyata. Saya doakan kedepan, adik-adik mencapai kesuksesan”, lanjutnya.

Ditemui dilokasi perkemahan, Mabigus SMK Alingga Sajira, menyambut Ka Kwarcab saat keliling mengunjungi peserta perkemahan, ia mengapresiasi kegiatan ini karena dapat membangun leadership dan kemandirian siswa.

“Saya sangat senang dengan kegiatan ini, karena melalui kegiatan ini, peserta diharapakan mampu memiliki kemampuan kepemimpinan yang cakap, peserta dituntut untuk berani menampilkan talenta dan kreatifitas masing-masing, dilatih untuk disiplin, tepat waktu, tidak cengen, mandiri, tangguh, dan diajarkan membangun komunikasi yang baik”, ujar Ucu Juhroni.
Sementara itu, Mabigus SMAN I Cibadak, Arif, S.Pd., yang begitu antusias mendampingi adik-adiknya, sangat mengapresiasi kegiatan ini.

“Saya berharap peserta perkemahan dapat membentuk karakter, hanya saya mengenai evaluasi tempat perkemahan, dan memberi masukan mengenai kurang kondusifnya sarana seperti penerangan dan pengairan yang kurang baik” ujar Arif yang juga pengajar matpel Sejarah di SMAN I Cibadak. (Iyan)

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Website Security Test