Kasus HIV/AIDS Di Lebak Tahun Ini Menurun

Kasus HIV/AIDS Di Lebak Tahun Ini Menurun

Lebak- Kasus HIV/AIDS yang dialami warga Lebak sepanjang tahun ini, lebih kecil dibanding kasus yang sama ditahun 2016. Berdasarkan data yang diterima tahun ini orang dengan HIV/AIDS (Odha) hanya 34 orang, sedangkan di 2016, sebanyak 40 orang. Sedangkan bila dihitung secara global dari mulai 2001 hingga tahun ini, orang dengan HIV/AIDS di Lebak, totalnya sebanyak 304, dengan jumlah meninggal dunia, sebanyak 97 orang.
Kepala Dinkes Lebak, HM Sukirman membenarkan, bila kasus DBD tahun ini, menurun dibandingkan, tahun sebelumnya. Bahkan, agar kasus yang sama, mampu turun kembali, maka pihaknya mengajak semua pihak untuk membantu mensosialisasikan bahaya kasus HIV/AIDS terhadap jiwa manusia.
“Penularan kasus HIV/AIDS di Lebak, paling banyak dibawa dari luar. Sedangkan, banyak pula pihak yang tertularnya masyarakat tidak berdosa,”ujar HM Sukirman, Selasa (20/12).
Ditambahkannya, agar penekanan kasusnya mampu dilakukan dengan baik, maka bagi warga Lebak yang sering berpergian keluar daerah, untuk tidak melakukan hal-hal yang berpotensi tertular HIV/AIDS. Karena penularan HIV/AIDS tersebut, kata HM Sukirman, bisa ditularkan, karena ganti-ganti pasangan, sek bebas, atau mengkonsumi narkoba menggunakan jarum suntik.
“Selain itu, kamipun rutin melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap Odha, dengan maksus mereka tidak memiliki rasa dendam, sehingga nekad menularkannya kepada orang lain,”katanya.
Kepala Bidang P2PL pada Dinkes Lebak, Firman Rahmatullah, menambahkan, penekan jumlah kasus HIV/AIDS di Lebak, tentu bukan sekedar tanggungjawab pemerintah, tetapi merupakan tanggungjawab semua pihak. Bahkan, tanpa ada kepedulian masyarakat untuk melakukan penekanannya, maka dirinya mengatakan mustahil, kasus HIV/AIDS di Lebak mampu ditekan.
“Mulai saat ini, mari kita bersama-sama perduli untuk menekan kasus HIV/AIDS. Sebab dengan dukungan semua pihak, maka kasus yang mematikan ini, semoga tidak semakin berkembang di Lebak,”harap Firman Rahmatullah.
social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Website Security Test