Kejari Lebak Soroti 274 Miliar Anggaran Dana Desa

Lebak – Kejaksaan Negeri (Kejari) Lebak mengaku akan mengawal penggunaan Dana Desa sesuai dengan aturan yang berlaku kepada seluruh kepala desa se-Kabupaten Lebak. Pasalnya di tahun 2017 Kabupaten Lebak diguyur anggaran Dana desa sebesar Rp. 274 Milar.
Kepala Kejari Lebak Rinie Hartatie mengatakan dikumpulkannya seluruh kepala desa ini sesuai dengan intruksi dari Kejaksaan Agung, untuk melakukan sosialisasi penggunaan Dana Desa.
“Kita akan kumpulkan seluruh kepala desa di Kantor Kejari Lebak pada Kamis nanti, untuk sosialisasi penggunaan Dana Desa,” kata Rinie, ketika melakukan sosilasasi dana desa dan TP4D seluruh kepala desa di Kabupaten Lebak, di halama Kejaksaan Negeri Lebak, Kamis (24/8/2017).

Rini mengaku Kegiatan ini merupakan suatu langkah untuk melakukan evaluasi menyeluruh tentang penggunaan Dana Desa dan sekaligus sebagai pencerahan kepada Kepala Desa.“Undangan sudah kita sampaikan dan kita harapkan kepada kepala desa bisa menghadirinya agar dalam merealisasikan dana desa tepat sasaran,” katanya.

Rinie menjelaskan tujuan dari pelaksanaan sosialisasi ini adalah untuk memberikan wawasan tentang tufoksi TP4D Kejaksaan Negeri Lebak dalam kegiatan Dana Desa di tahun 2017.

“Yang jelas kita harapkan kepada 340 kepala desa itu untuk dapat hadir, karena ini penting untuk realisasi dana desa mereka,”jelasnya.

Rini menyatakan akan berkomitmen untuk mencegah terjadinya penyelewangan anggaran di desa, menyusul besarnya DD maupun ADD yang dikelola desa. Apalagi, untuk DD tahun 2017 yang diterima 340 Desa di Kabupaten Lebak mencapai sebesar Rp 274,521 miliar atau meningkat dibanding dengan tahun 2016 lalu sebesar Rp 215 miliar.
“Karenanya perlu sosialisasi soal hukum dan aturan yang harus dilakukan oleh kades maupun Prades agar rtidak tersangkut dengan soal hukum. Dengan begitu, manfaat dari DD maupun ADD benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat,” tukasnya.
social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *