Kemenko PMK Ajak Pemkab Cegah Dan Tekan Angka Bencana Alam

Lebak- Kementrian Koordinasi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) mengundang sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Lebak, Selasa (31/10). Bertempat di Aula Koperasi Sugri Rangkasbitung, undangan tersebut bertujuan untuk melakukan koordinasi agar Pemkab Lebak, mampu mencegah, serta menekan kasus bencana alam yang mampu menyengsarakan masyarakat. Untuk itu, agar Kementrian PMK, mamu terealisasikan dengan baik, maka seluruh SKPD dilingkungan Pemkab Lebak, harus saling berkoordinasi untuk memberikan pemahaman, sekaligus wawasan kepada masyarakat diseluruh Lebak, tentang pencegahan dan penekanan angka terjadinya bencana alam.
Yasrif, salah satu pembicara dari Kementrian PMK saat disela-sela acara mengatakan salah satu penyebab terjadinya bencana longsor maupun banjir, bisa diakibatkan oleh ulah tangan manusia yang tidak bertangungjawab. Salah satunya soal bencana longsor, biasanya karena hutan lindung yang ada disekitar lingkungan masyarakat, gundul, karena semua tanamanya ditebangi masyarakat. Begitu pula bencana banjir, bisa saja akibat masyarakat yang membuang sampah disembarang tempat.
“Intinya penyebab terjadinya bencana alam, harus kita hentikan, agar angka bencana alam di Lebak, semakin kecil,”ujar Yasrif.
Nelwan yang juga pembicara dari Kementrian PMK, menambahkan, alasan pihaknya datang ke Lebak, karena daerah ini, merupakan salah satu kabupaten di Banten, yang merupakan rawan bencana alam. Untuk itu, agar Lebak tidak lagi menjadi daerah rawan bencana alam, maka pihaknya memiliki kepentingan untuk mengingatkan masyarakatnya melalui para SKPD dilingkungan Pemkab.
“Dalam undangan yang kami lakukan hari ini (kemarin-red), sejumlah SKPD yang dinilai memiliki kaitan dalam pencegahan bencana, kami berikan pemahaman atau pengetahuan cara melakukan pencegahan bencana alam, yang diakibatkan oleh tangan manusia,”katanya.
Kepala Pelaksana Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, Kaprawi mengatakan, persoalan bencana yang terjadi, bukan hanya tangungjawab pihaknya, melainkan tanggungjawab semua pihak, termasuk beberapa SKPD dilingkungan Pemkab Lebak.
“Kami sangat setuju dengan program Kemenko PMK, karena melalui pengarahannya, maka kita semua memahami, bila pencegahan bencana alam yang terjadi, merupakan tanggungjawab kita bersama untuk menanganinya,”kata Kaprawi.
social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE