Keparamukaan Lebak Kembali Menorehkan Prestasi

Keparamukaan Lebak Kembali Menorehkan Prestasi

Kegiatan kepramukaan di Kabupaten Lebak kembali menorehkan prestasi yang menggembirakan, setelah Regu Putra Kabupaten Lebak menjuari Lomba Tingkat (LT) IV yang digelar Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Banten di Bumi Perkemahan (Buper) Cikujang, Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, 19-24 April 2017.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Lebak, H. Ade Sumardi mengapreseasi atas prestasi yang diraih tersebut. Atas prestasinya Penggalang SMP dari Kabupaten Lebak akan mewakili Banten pada LT V tingkat Nasinonal.

Menurutnya, Pramuka dalam era modern ini sangat penting. Terutama dalam mengembangkan sifat patriotisme dan nasionalisme dikalangan remaja sekarang. Dimana didalam organisasi tersebut bisa menumbuhkan rasa kebersamaan antar anggota. Peran pramuka di masa sekarang juga bisa menyalurkan bakat yang dimiliki oleh para anggotanya.

“Remaja sekarang banyak yang melupakan idiologi bangsa sendiri. Banyak remaja sekarang yang lebih mengutamakan kesenangan semata. Ini dapat kita lihat bahwa banyaknya remaja yang terjerumus kedalam pergaulan bebas, seperti hal nya banyak yang menggunakan narkoba, banyak yang mengikuti geng motor, melakukan seks bebas. Dengan demikian pramuka sangat penting di era modern ini”. Kata Ade, diruang kerjanya, Kamis (27/4/2017).

Wakil Ketua Binawas Kwarda Banten Cepi Salam mengatakan, LT IV merupakan program pembinaan gerakan Pramuka bagi tingkat Penggalang se-Provinsi Banten yang bertujuan mengukur kemampuan anggota Pramuka.

“Ini program pembinaan kemandirian, keterampilan dan intelektual peserta didik. Ada 356 peserta yang akan mengikuti acara ini dengan usia mulai dari 10 sampai 14 tahun. Juara pada LT IV akan dibawa ke tingkat nasional,” kata Cepi, di Kantor Dinas Pariwisata Banten.

LT IV 2017 yang mengusung tema “Uji Diri dan Raih Prestasi” diikuti Perwakilan dari Kwartir Cabang (Kwarcab) 8 kabupaten/kota akan terdiri dari dua regu yakni putra dan putri. Kegiatan yang banyak dilaksanakan di alam terbuka dengan prinsip dasar metode kepramukaan ini di dijuarai oleh Kabupaten Lebak, disusul oleh Kabupaten Tanggerang dan Kota Tanggerang Selatan, untuk peringkat 2 dan 3 untuk Regu Putra. Sementara untuk Penggalang Putri dijuarai oleh Kota Tanggerang, Posisi ke-2 dan ke-3 ditempati Kota Tanggerang selatan dan Kota Serang. Untuk Penggalang SD, Juara Regu Putra ditempati Kota Tanggerang Selatan, disusul Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang, sementara regu putri dijuarai Kab. Serang, disusul Kab. Tanggerang dan Kab. Pandeglang.

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE