Kopi Hideung dan Gula Beureum

Kopi Hideung dan Gula Beureum

sman1 malingping
LEBAK
,- Sebanyak 995 siswa siswi SMAN 1 Malingping melaksanakan upacara kenaikan bendera merah putih senin (21/11/16). Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya bertindak langsung sebagai Pembina Upacara. Dalam amanatnya bupati memberikan motivasi dan penghargaan kepada siswa berprestasi yang telah mempersembahkan juara 1 bidang IPS Humaniora Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tingkat provinsi Banten yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Provinsi Banten pada tanggal 16 sd 19 November 2016 bertempat di Hotel Marbella Anyer.

Pemerintah Kabupaten lebak juga memberikan bantuan bagi siswa berprestasi yang lolos pada seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri dan masuk pada program kedokteran.

“Pemberian penghargaan ini diharapkan bisa mendorong dan memacu anak-anak kita untuk lebih meningkatkan prestasinya di semua bidang” kata bupati dalam amanatnya selaku pembina upacara.

Integrasi “kopi hideung” dan gula “beurem” sebagai media pemersatu dan komunikasi politik pada masyarakat sumber waras kec malingping kab lebak, itulah judul penelitian yang dilakukan oleh tiga orang siswi SMAN 1 Malingping yang bernama Kingking Hoerunisa, Hasrotul Hikmah dan Sulis Susilawati.

Ketika ditanya mengapa mengambil judul itu? Kingking menjelaskan bahwa kopi hideung (kopi hitam) sangat mengintegrasi dalam keseharian masyarakat sumberwaras, penggunaan kopi hideung diakui oleh mayoritas masyarakat untuk membangun kekeluargaan dan persatuan, dimana kopi hideung digunakan sebagai suguhan dalam menjamu tamu, teman, kerabat sampai pejabat baik di rumah, di kantor, di warung atau dimanapun. Begitu juga gula beureum (gula merah) sebagai bahan yang dapat menambah manisnya kopi hideung dengan alami, dan gula beureum diakui sering digunakan sebagai oleh-oleh untuk diberikan kepada tamu atau wisatawan dari luar daerah.

Hasyrotul menambahkan pada penelitian ini mengambil responden sebanyak 40 orang masyarakat sumberwaras dengan waktu penelitian dimulai dari Januari 2016 sampai dengan Maret 2016.

Selain memberikan motivasi kepada siswa, bupati juga mengucapkan selamat hari guru yang akan berlangsung pada tanggal 25 November, serta memberikan informasi bahwa saat ini ada dua orang guru Kabupaten lebak yang berprestasi dan sedang menimba ilmu di Australia yaitu Een Rochaeni guru SMPN 4 Rangkasbitung dan Hamami Faisal guru SDN dari Kecamatan Cikulur. KEK

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE