Membuka Keterisoliran Daerah Melalui Program TMMD

Membuka Keterisoliran Daerah Melalui Program TMMD

Membuka Keterisoliran Daerah Melalui Program TMMD

Membuka Keterisoliran Daerah Melalui Program TMMD


LEBAK
, Kabupaten Lebak mempunyai potensi ekonomi perdesaan sangat besar berupa hasil alam, kerajinan tangan, serta potensi wisata, baik itu wisata alam, maupun wisata budaya, diantaranya situs yang berada dikampung Cibedung Desa Citorek Barat. Hal tersebut disampaikan Bupati Lebak, Hj. Iti Octavia Jayabaya, saat pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke 97 di Desa Sindanglaya Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak, Banten, Selasa (20/09/2016).

“Potensi ini harus dikembangankan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya warga yang tinggal didaerah pedesaan” Ujar Iti.

Tetapi menurutnya, potensi ini belum dapat dikembangkan secara maksimal karena terkendala akses transportasi yang belum dapat menjangkau sampai kepelosok desa, untuk itu pemerintah daerah bersama dengan TNI akan membangun jalan untuk membuka keterisoliran daerah ini melalui program TMMD yang akan dilaksanakan dari tanggal 20 September hingga 19 Oktober 2016.

“Jalur yang mengubungkan Desa Citorek Barat Ke Cibedug dan Sindang Laya, merupakan jalan setapak, sehingga kampung didaerah tersebut yakni Kp. Cibedug dan Cinakem terisolir dari daerah sekitarnya, jangankan kendaraan roda 4, kendaraan roda 2 pun sangat sulit menjangkau daerah tersebut” pungkasnya.

Dandim 0603 Kabupaten Lebak, Letkol CZI Ubaidillah menegaskan bahwa program TMMD yang dilaksanakan ini sejalan dengan Visi Pemerintah, yaitu terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian, berlandaskan gotong royong.

Ubaidillah berharap adanya program ini, dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, salah satunya dengan pembangun infrastruktur jalan yang memadai hingga perekonomian desa akan meningkat, memudahkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat serta memudahkan tenaga pengajar untuk menjangkau daerah tersebut.

“ini untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantapkan wawasan kebangsaan serta membangun persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)” Ujarnya.

Sementara itu Kepala Bagian Humas dan Komunikasi Setda Lebak, Eka Prasetaiwan menjelaskan bahwa pembangunan dan pengembangan badan jalan Citorek Barat Kecamatan Cibeber menuju Desa Sindanglaya Kecamatan Sobang Sepanjang 9,3 KM dengan Lebar jalan 8 M, ditambah dengan pembangunan 3 Unit jembatan Armco, akan didanai APBD Lebak Tahun Anggaran 2016 Sebesar 2,8 Miliar yang dilaksanakan secara swakelola bekerjasama dengan Kodim 0603 Kabupaten Lebak sebagai bagian dari program TMMD.

“Langkah pertama yang kita laksanakan adalah membuat infrastruktur jalan dan jembatan, dengan demikian akses transportasi akan lebih terbuka sehingga hasil produksi desa akan mudah untuk dipasarkan, dan diharapkan menarik minat kunjungan wisatawan” Ujar Eka. ADH

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *