MENTERI PERTANIAN : MASYARAKAT LEBAK JANGAN TAKUT TANAM JAGUNG

Pontianak,- Berawal pertemuan yang tidak direncanakan didalam penerbangan garuda Rute Jakarta – Pontianak, yang dilanjutkan makan malam bersama Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaeman. Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya menyampaikan terima kasihnya kepada Kementan RI atas komitmennya untuk membantu keberhasilan daerah Lebak dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.
Dalam gala diner tersebut, Bupati mengatakan bahwa sejak Lebak ditetapkan sebagai daerah lumbung padi nasional, produksi Pajale (Padi, Jagung dan Kedelai) terus digenjot. Produksi padi tahun ini telah melampaui target yakni mencapai 610 ribu Ton gabah kering giling (GKG) dari target 575 ribu Ton GKG.
“Alhamdulillah pak menteri, untuk beras kita sudah swasembada, bahkan Lebak sudah menyuplai kebutuhan beras DKI Jakarta” Kata Bupati, Rabu (18/10/2017).
Bupati mengatakan, bahwa pasokan beras ke DKI di targetkan 1,25 ribu Ton per tahun dan untuk tahun ini telah terealisasi sebanyak 700 ton. Sedangkan untuk pemasaran dan pendistribusiannya tidak mengalami hambatan, karena bekerjasama dengan Bulog.
Untuk peningkatan produksi jagung, Lebak telah menanam 5 ribu Hektare dari target seribu hektar. Bupati mengatakan bahwa tahun depan akan ditargetkan untuk menanam jagung seluas 25 ribu hekta, untuk pemasarannya sendiri, Pemkab sudah melakukan kerjasama dengan Gabungan Pengusaha Ternak, seperti Pokphan.
Kedelai ditargetkan 500 Ha, sementara yang ditanam sebesar 35 ribu Ha. Untuk pemasaran nya belum bisa keluar daerah, karena baru mampu memenuhi kebutuhan dalam daerah.
“Selama ini untuk memenuhi kebutuhan pengusaha tahu tempe di Lebak” kata Bupati.
Mendengar pemaparan Bupati, Mentan Amran Sulaeman mengapreseasi keberhasilan daerah. Mentan mengatakan bahwa masyarakat Lebak tidak perlu takut untuk menanam jagung, karena kementerian pun telah menggandeng para pengusaha pakan ternak untuk membeli hasil petani lokal dan membatasi impor.
social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE