MTD Kabupaten Lebak, Program Bidang Pertanian Pertama di Indonesia

MTD Kabupaten Lebak, Program Bidang Pertanian Pertama di Indonesia

Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya saat menghadiri acara Reuni Akbar Mantri Tani Desa (MTD) di Gedung PGRI Pasir Ona Rangkasbitung Lebak Banten, Selasa (28/2/2017)

Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya saat menghadiri acara Reuni Akbar Mantri Tani Desa (MTD) di Gedung PGRI Pasir Ona Rangkasbitung Lebak Banten, Selasa (28/2/2017)

Pembangunan pertanian dan perkebunan secara umum telah dan terus memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah, baik secara langsung maupun tidak langsung, hal tersebut disampaikan Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya saat menghadiri acara Reuni Akbar Mantri Tani Desa (MTD) di Gedung PGRI Pasir Ona Rangkasbitung Lebak Banten, Selasa (28/2/2017).

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, kontribusi secara langsung yaitu peningkatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), penyerapan tenaga kerja, peningkatan pendapatan masyarakat. Adapun kontribusi tidak langsung Bupati menjelaskan penciptaan kondisi yang kondusif bagi pelaksanaan pembangunan dan sinergitas dengan sektor lain.

Dengan melihat fakta empiris yang menunjukan bahwa pembangunan sektor peranian dan perkebunan di pedesaan mempunyai peran yang sangat besar dan nyata dan potensi pertanian dan perkebunan yang berbeda-beda dari setiap wilayah di Kabupaten Lebak, Perlu adanya programterobosan pertanian dan perkebunan yang sesuai dengan kondisi daerah di kabupaten lebak sehingga potensi pertanian dan perkebunan lebih optimal.

Bupati juga menyampaikan beberapa permasalahan dalam proses meningkatkan produksi pertanian dan perkebunan agar terwujudnya ketahanan pangan, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para petani yaitu adanya degradasi kesuburan lahan, keterbasan sarana dan prasarana, terjadinya iklim yang ekstrim, rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) petani dan rendahnya kemampuan ekonomi para petani sehingga. Hal tersebut berdampak pada kurang optimalnya pengelolaan Sumber Daya Alam yang kita miliki.

Untuk itu Bupati menyebutkan perlu adanya pembinaan dan penyuluhan berkelanjutan terhadap petani guna menyelesaikan permasalahan tersebut diatas dan terobosan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Lebak adalah dengan mengangkat Mantri Tani Desa (MTD) dimana MTD ini mampu mengatasi keterbatasannya jumlah penyuluh dan program MTD ini merupakan yang pertama di Indonesia dalam upaya mengatasi keterbasan penyuluh bagi petani di Kabupaten Lebak.

“Terobosan program Mantri Tani Desa (MTD) merupakan upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat di sektor pertanian dan perkebunan”. Ungkap Bupati.

Mantri Tani Desa (MTD) merupakan inisatif terobosan program Pemerintah Kabupaten Lebak guna mengatasi terbatasnya jumlah penyuluh dan memiliki peran membantu Kepala Desa sebagai aparat desa yang melakukan pengawalan dan pendampingan kepada petani dan pelaku usaha di bidang pertanian.

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE