Panen 300 hektare Jagung, Bupati Iti Minta Desa Bulakan Dijadikan Kawasan Terpadu

Lebak- Pemerintah Kabupaten Lebak meminta desa Bulakan Kecamatan Gunung Kencana bisa dijadikan kawasan terpadu penanaman jagung lantaran telah berhasil melakukan gerakan tanam jagung dan menjadi daerah yang pertama melakukan panen teresar.
“Perhutani, Pemerintah RI dan Pemprov Banten saya minta bisa menjadikan desa bulakan sebagai kawasan tanam jagung berkelanjutan,”kata Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya saat memberikan sambutan pada gerakan panen Jagung dan launching pengirimab perdana hasil panen di desa Bulakan Kecamatan Gunung Kencana, Rabu (26/7/2017).
Kata Iti, di tahun 2017 ini akan akan dilakukan panen jagung sebanyak 35 Ton meskipun dalam realisasinya masih mengalami beberapa kendala mulai dari alat panen dan fasilitas lainnya.
“Kita juga minta peningkatan fasilitas untuk Kabupaten Lebak dalam hal ini dibidang pertanian agar bisa secara cepat mensukseskan capaian target tanam,”katanya.
Kata Iti, jika desa Bulakan Kecamatan Gunung Kencana bisa dijadikan kawasan terpadu yang bekelanjutan tentunya bisa menekan beberapa faktot negatif yang ada di Kabupaten Lebak seperti menekan angka pengangguran dan berkurangnya tenaga pekerja di Kabupaten Lebak menjadi TKI.
“Masyarakat juga terbantu dari sisi ekonomi jadi Kabupaten Lebak siap mensukseskan swasembada pangan,”jelasnya.
Sementara Gubernur Banten Wahidin Halim memastikan mudah untuk pemerintah Provinsi menjadikan desa Bulakan kecamatan Gunung Kencana sebagai kawasan terpadu namun perlu perhatian serius dari pemerintah pusat untuk tahapan selanjutnya.
“Semuanya harus sinkron, kita berhasil panen mau tidak mau harus ada juga tempat untuk pendistribusian atau penjualan,”katanya.
Kata Wahidin, Pemerintah pusat harus serius melaksanakan program pensuksesan swasembada pangan ini jangan hanya sekedar seremonial atau bahkan hanya karena sedang booming.
“Pemerintah pusat juga harus memperhatikan kelanjutan dari penanaman jagung jangan setelah panen dibiarkan begitu saja,”katanya.
Sementara Dirjen Pertanian Perkebunan RI, Bambang mengatakan pemerintah daerah ataupun Provinsi sebaiknya segera sebanyak banyaknya melakukan pengajuan untuk mensukseskan swasembada pangan lantaran di pemerintah pusat sedang ramai membahas penganggaran.
“Kalau diajukan diprediksi kebutuhan mensukseskan swasembada pangan akan terpenuhi diakhir tahun 2017,”jelasnya.
social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Website Security Test