Pemanfaatan Teknologi Pompa Air Bertenaga Surya Di Kecamatan Warunggunung

Pemanfaatan Teknologi Pompa Air Bertenaga Surya Di Kecamatan Warunggunung

Bupati saat meninjau teknologi pompa air bertenaga surya di Kecamatan Warunggunung

Bupati saat meninjau teknologi pompa air bertenaga surya di Kecamatan Warunggunung.


LEBAK
,- Kelompok tani Desa Padasuka Kecamatan Warunggunung Kabupaten Lebak telah memanfaatkan teknologi pompa air bertenaga surya . Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya meninjau langsung lokasi pemanfaatan teknologi pompa air berenergi sinar surya pada hari senin, 14 november 2016.

Bupati mengapresiasi pemanfaatan teknologi ini dan mengimbau kepada masyarakat agar bersama-sama memelihara pompa air bertenaga surya ini sebaik mungkin karena ini untuk kesejahteraan masyarakat.

“Meskipun teknologi dan peralatan pompa untuk memperoleh air telah tersedia dan mudah diperoleh, ketersediaan tenaga pompa sering menjadi kendala, misalnya karena ketiadaan jaringan listrik PLN atau pada daerah yang sudah mampu menyediakan generator set (genset) bisa saja sulit mendapatkan suplai BBM, atau bahkan karena daya beli masyarakat yang rendah untuk mengadakan BBM atau membayar listrik” Ujar bupati.

Kepala Dinas Pertanian Dede menambahkan, pompa air berteknologi tenaga surya ini sudah terpasang di Kecamatan Malingping dan Kecamatan Warunggunung.

“Saya berharap pompa air ini bisa menjadi contoh bagi kelompok tani yang lain agar para petani tidak khawatir menghadapi kemarau panjang” ungkapnya.

Teknologi pemanfaatan energi sinar matahari sebenarnya bukan teknologi yang baru, akan tetapi untuk beberapa kalangan teknologi ini masih dianggap langka dan mahal, dikalangan praktisi yang bergelut dibidang pemanfaatan sumber energi, teknologi ini biasanya disebut sebagai teknologi energi terbarukan.

Sistem Pompa Air Bertenaga Surya dibuat dengan sistem operasional otomatis, jadi tidak memerlukan operator khusus untuk mengoperasikan pompa ini.

Pemeliharaan sistem berkala hanya dilakukan terhadap kebersihan permukaan panel surya dan jaringan pipa transmisi dan jaringan pipa distribusi. (kek.hms)

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE