Pemerintah Pusat Diminta Segera Terbitkan Masterplan Kota Baru Maja

Lebak- Pemerintah Kabupaten Lebak meminta penerbitan masterplan juga kelembagaan kota baru publik Maja dipercepat oleh pemerintah pusat agar terdapat acuan yang jelas dalam mewujudkannya.
Sekertaris Bappeda Lebak Yosef Mohammad Holis mengatakan dalam Peraturan Presiden nomor 2 tahun 2015 tentang rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) tahun 2015-2019 menyebutkan kecamatan Maja akan ditetapkan sebagai wilayah kota baru yang akan diarahkan menjadi pusat pemukiman baru layak huni dan didukung oleh infrastruktur skala regional.
“Kalau sudah ada masterplan kita enak untuk membantu mewujudkannya karena memang kota bary maja akan memiliki fasilitas ekonomi dan sosial yang lengkap agar mencegah terjadinya pemukiman tidak terkendali akibat urbanisasi kota otonom pada kawasan sekitarnya,”kata Yosef ketika dihubungi BantenHits, Senin (28/5/2018).
Menurutnya, dalam penyusunan masterplan Pemerintah pusat harus bisa mengarahkan kota bary maja sebagai pusat terminal agribisnis yang berfungsi sebagai tempat transaksi produk pertanian dari wilayah Sumatera dan Banten untuk DKI Jakarta.
“Untuk mengurangi fungsi (perdagangan) pasar induk yang ada di Jakarta sekaligus berperan sebagai kontra mahnet urbanisasi ke Jakarta sehingga mengurangi daya tampung wilayah DKI Jakarta,”katanya.
Yosef berharap percepatan pembangunan kota baru maja didukung infrastruktur skala regional agar menjadi pusat pertumbuhan dan lokomotif pengembangan wilayah Kabupaten Lebak.
“Akan ada efek menetes pada daerah sekitarnya dalam rangka percepatan pembangunan daerah,”imbuhnya.
social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Website Security Test