Pemkab Lebak dan Baznas Beri Bantuan Korban Bencana Tanah Amblas

Pemkab Lebak dan Baznas Beri Bantuan Korban Bencana Tanah Amblas

Wujud sinergitas Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak dengan Badan Amil Zakat (BAZNAS) Kabupaten Lebak terus zditingkatkan dengan melakukan kolaborasi untuk membantu korban bencana alam pergeseran tanah di kampung curug injuk desa gunung sari kecamatan banjarsari, sabtu (22/4/17).

Bantuan tersebut diberikan kepada 49 kepala keluarga yang rumahnya rusak, ada pula yang sampai roboh pada saat musibah tanah longsor dan pergeseran tanah yang terjadi pada pertengahan januari 2017 yang lalu.

Masing-masing kepala keluarga menerima bantuan sebesar Rp. 15.000.000,- yang akan digunakan untuk membantu membangun rumah di tanah yang mereka miliki di luar area bencana.

Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya menghimbau kepada masyarakat yang terkena musibah, agar tidak membangun rumah di area bencana dikerenakan khawatir akan terjadi pergeseran susulan dan lebih baik digunakan untuk lahan pengembang pertanian.

“Tanah ini lebih baik ditanami jagung, cabe, ataupun lainnya yang bisa bermanfaat bagi kebutuhan pokok masyarakat atau mengembangkan pertanian” Ujar Bupati.

Selain itu, Bupati Lebak juga menegaskan kepada masyarakat agar menggunakan bantuan ini sebagaimana mana mestinya karena harus dipertanggungjawabkan sesuai dengan aturan yang berlaku dan tertib administrasi serta meminta kepada camat dan pihak terkait agar mengevaluasi progres pembangunan yang dilakukan masing-masing kepala keluarga.

Wakil Ketua Baznas KH Wawan menambahkan, bantuan yang diberikan baznas ini salah satunya berkat bantuan dari surat edaran Bupati Lebak yang menghimbau kepada seluruh pegawai dan stakeholder agar mengeluarkan zakat setiap bulannya yang langsung disetorkan oleh bendahara masing-masing ke baznas.

“Mudah-mudahan kami bisa menjalankan amanah dengan baik dan benar”. kata KH wawan.

Salah seorang penerima bantuan Dadang (43) mengatakan, bantuan akan digunakan untuk membangun rumah di tanah miliknya yang tidak begitu jauh dari rumahnya semula.

“Alhamdulillah, bantuan ini bisa menambah pembangunan rumah, walaupun kebutuhan membangun rumah masih jauh lebih besar, namanya juga musibah kita terima apa adanya. Tuturnya.

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *