Peresmian Gerbang Kampung KB di kecamatan Sajira

Peresmian Gerbang Kampung KB di kecamatan Sajira

Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya didampingi Wakil Bupati H. Ade Sumardi berikut jajarannya meresmikan Gerbang Kampung KB di Desa Sajira Mekar Kecamatan Sajira Lebak, Banten, Kamis (9/3/2017)

Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya didampingi Wakil Bupati H. Ade Sumardi berikut jajarannya meresmikan Gerbang Kampung KB di Desa Sajira Mekar Kecamatan Sajira Lebak, Banten, Kamis (9/3/2017)

Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya didampingi Wakil Bupati H. Ade Sumardi berikut jajarannya meresmikan Gerbang Kampung KB dengan mengusung tema acara Gerakan Pembangunan Keluarga Berkualitas di Desa Sajira Mekar Kecamatan Sajira Lebak, Banten, Kamis (9/3/2017).

Dalam mengawali pidatonya Bupati mengucapkan terimakasih setinggi-tingginya dan mengapresiasi kepada seluruh pihak, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pemerintahan tingkat kecamatan dan seluruh komponen di 28 kecamatan di Kabupaten Lebak atas terselengaranya acara ini sekaligus mewujudkan Kampung KB di 28 Kecamatan di Kabupaten Lebak.

“Pada hari ini Gerbang Kampung KB akan diresmikan, sekaligus dijadikan sebagai suatu gerakan pembangunan secara terintegrasi guna terwujudnya percepatan pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas, berkarakter, sebagaimana prioritas program Lebak Sehat, Lebak Pintar dan Lebak Sejahtera.” Ungkapnya.

Bupati mengatakan, membangun sebuah keluarga melalui pendekatan gerakan pembangunan kampung KB merupakan pesan untuk memberikan pelayanan dan perlindungan kepada setiap anggota keluarga agar tumbuh dan berkembang menjadi keluarga sejahtera dan berkualitas dikarenakan tantangan yang di hadapi masyarakat saat ini adalah semakin menurunnya kualitas lingkungan, masalah perilaku hidup bersih dan sehat, masalah sampah, masalah gizi, kematian ibu dan bayi serta timbulnya berbagai penyakit yang semakin meningkat dimana dipengaruhi oleh prilaku hidup dan pola makan yang kurang baik dan sehat.

Bupati berharap disamping faktor pembangunan lainnya, Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, berkarakter, dan berakhlakul karimah yang dapat membangun dirinya, membangun keluarganya, masyarakat dan bangsanya menjadi kunci utama pembangunan berkelanjutan yang berwawasan kependudukan terlebih saat ini kita sedang menikmati Bonus Demografi yang harus kita sikapi dan kita tindaklanjuti.

Lebih lanjut Bupati menghimbau sekaligus mengajak kepada para remaja dan orang tua agar tidak tergesa-gesa menikahkan anaknya yang masih belia sebelum menyelesaikan pendidikan sekolah agar memiliki bekal ilmu untuk masa depannya dan kepada yang telah menikah, agar senantiasa mengatur jarak kehamilan dan wajib menyusui anaknya dengan ASI selama 2 Tahun agar sehat dan kuat.

“Himbauan dan ajakan ini sesungguhnya modal terbesar dalam proses pembangunan Sumber DaYa Manusia melalui marwah Keluarga sakinah, guna melahirkan generasi yang sehat, cerdas, berkualitas dan berkarakter.” jelasnya.

Kepala DP2KBP3A Tajudin menjelaskan keterpaduan melalui Gerbang Kampung KB, tidak saja memberikan pelayanan kebutuhan dasar hidup keluarga secara cepat dan tepat di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, air bersih, lingkungan yang bersih dan sehat dan juga yang paling mendasar adalah membudayakan kehidupan bergotong royong sehingga seluruh masyarakat desa mampu mandiri.

“Gerbang Kampung KB adalah gerakan pembangunan terpadu berwawasan kependudukan sebagaimana nawacita ke 3, 5 dan ke 8 guna terwujudnya masyarakat Kabupaten Lebak Sehat, yang pintar, berkarakter dan sejahtera”. Pungkasnya

Dipilihnya Desa Sajira Mekar Kecamatan Sajira sebagai momentum awal pembukaan Gerbang Kampung KB secara historis desa ini bagian sejarah Kabupaten Lebak dan telah melakukan pelayanan online dan satu-satunya desa yang memiliki 2 mobil Ambulan desa serta jaminan kesehatannya ditanggung oleh desa melalui ADD.

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Website Security Test