Puluhan Relawan Tangguh BPBD Lebak Dilatih Ketangkasan Hadapi Bencana

Lebak- Sebanyak 35 relawan tangguh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dari 28 Kecamatan di Kabupaten Lebak diberikan pelatihan peningkatan ketangkasan menghadapi bencana, Rabu (19/7/2017).
Kepala BPBD Lebak Kaprawi mengatakan pelatihan tenaga relawan Tim reaksi Cepat (TRC) ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan ketangkasan seluruh relawan ketika menghadapi bencana yang tak di duga-duga.
“Setiap relawan harus terampil dan stand by karena bencana datang kapan saja tanpa ada pemberitahuan,”kata Kaprawi saat memberikan pelatihan kepada relawan di Gedung Bangkit.
Menurutnya, BPBD Kabupaten Lebak memiliki tugas yang tidak mudah mengingat 35% wilayah Provinsi Banten termasuk kedalam Kabupaten Lebak dimana di dominasi oleh daerah aliran sungai yang tidak menutup kemungkinan resiko bencana lebih tinggi.
“Banjir, longsor, tsunami , cuaca ekstrim, gempa berpotensi terjadi di Kabupaten Lebak karena kontur wilayahnya, sehingga BPBD dituntut untuk bekerja dengan Hati dan tulus membantu masyarakat,”tegasnya.
Kata Kaprawi , pelatihan langsung diberikan oleh tim Basarnas Provinsi Banten dimana dalam penerapannya selain diberikan teori , seluruh relawan juga akan langsung praktikum di kolam renang dan sungai Ciujung.
“Seluruh relawan akan langsung praktek tanggap bencana di sungai Ciujung dengan modal peralatan yang sudah disiapkan,”katanya.
Kaprawi meminta seluruh relawan bisa memanfaatkan dan menerapkan pelatihan yang sudah diberikan sehinggan BPBD bisa lebih tanggap ketika menghadapi bencana.
“BPBD dituntut untuk cepat tanggap karena memang langsung berurusan dengan nyawa juga kemanusiaan,”katanya.
social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Website Security Test