Rapat Koordinasi Badan Amil Zakat (BAZNAS) Lebak Tahun 2017

oleh admin
Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya saat menghadiri acara Rapat Koordinasi Badan Amil Zakat (BAZNAS) Lebak Tahun 2017 di Ruang Rapat Terbatas Setda Kabupaten Lebak (2/3/2017) yang juga dihadiri oleh Wakil Bupati H. ade Sumardi beserta jajarannya
Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya saat menghadiri acara Rapat Koordinasi Badan Amil Zakat (BAZNAS) Lebak Tahun 2017 di Ruang Rapat Terbatas Setda Kabupaten Lebak (2/3/2017) yang juga dihadiri oleh Wakil Bupati H. ade Sumardi beserta jajarannya

Zakat adalah ibadah yang terkait dengan harta, maka terlaksananya zakat sangat di tentukan oleh Lembaga Amil yang ditunjuk untuk itu, karena berkurang tidaknya kemiskinan, sangat di tentukan oleh profesionalitas lembaga zakat tersebut, ungkap Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya saat menghadiri acara Rapat Koordinasi Badan Amil Zakat (BAZNAS) Lebak Tahun 2017 di Ruang Rapat Terbatas Setda Kabupaten Lebak (2/3/2017) yang juga dihadiri oleh Wakil Bupati H. ade Sumardi beserta jajarannya.

Dalam acara tersebut, Bupati menyampaikan bahwa zakat selain kewajiban kita selaku umat muslim, zakat juga sebagai salah satu instrumen pengentasan kemiskinan, secara regulatif yang ditelah dikuatkan dengan terbitnya UU No. 39 tahun 1999 yang kemudian disempurnakan kembali melalui UU No. 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat sama seperti halnya di kabuapten Lebak, telah memperkuat lembaga dan pengelolaan zakat dengan mengeluarkan perda No. 11 Tahun 2005 tentang pengelolaan zakat.

Bupati meyakini bahwa peran zakat sangat strategis dan berpengaruh secara signifikan terhadap pembangunan daerah apabila di atur dan di kelola dengan baik dan profesionalisme oleh pengurus Baznas, serta didukung melalui regulasi dan perangkat yang terus menerus diberikan oleh pemerintah daerah.

“Baznas Lebak harus berkomitmen untuk menjungjung profesionalisme dan penuh integritas dalam pengelolaan zakat di Kabupaten Lebak, karena dapat membangun kepercayaan para Muzakki untuk menyalurkan zakatnya melalui Maznas Lebak.” Ungkapnya.

Bupati mengapresiasi program unggulan Baznas Lebak yang sejalan dengan program Lebak Cerdas, Lebak Sehat dan Lebak Sejahtera, serta berharap melalui Rencana Kerja Anggaran (RKAT) Tahun 2017, para komisioner Baznas Lebak, beserta para Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dan penggiat zakat lainnya, untuk terus menerus berusaha meningkatkan pengelolaan dana zakat dalam hal pengumpulan dan penyaluran.

Kasubag Keagamaan pada bagian Kesra Setda Lebak Iyan Fitriana, mengatakan tujuan acara diadakan Rapat Koordinasi untuk mensosialisasikan Rencana Kerja Anggaran Tahunan Baznas lebak satu tahun kedepan yang telah di rumuskan dan di tetapkan beberapa waktu yang lalu kepada seluruh UPZ di Kabupaten Lebak.

“Sosiasiasi Rencana Kerja Anggaran Tahunan Baznas kepada seluruh upz bertujuan agar sebaran program seperti bedah rumah, pembagian santunan dan seterusnya tidak berada pada satu titik saja”. Pungkasnya.

Dalam acara Rapat Koordinasi Badan Amil Zakat (BAZNAS) Lebak Tahun 2017 juga Baznas Lebak memberikan bantuan kepada pihak-pihak yang layak mendapatkannya.

Dalam perjalanannya Baznas Lebak sudah beberapa kali memperoleh penghargaan, baik dari Baznas Pusat maupun dari Lembaga institut Managemen Zakat (IMZ) karena keberhasilan Baznas Lebak dalam upaya pengumpulan dana zakat, dan kreatifitas dalam penyaluran/pendayagunaan dana zakat.

TERKAIT

KOMENTAR

Belum ada komentar dalam artikel ini

Tanggapi

KETENTUAN

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

BERITA TERKINI

Berita Terbaru dari Pemkab Lebak
Index Berita