Resmikan Mesjid , Bupati Ajak Masyarakat Makmurkan Mesjid

Resmikan Mesjid , Bupati Ajak Masyarakat Makmurkan Mesjid

mesjid Nurul Iman Pasir Bungur Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak, Banten

Mesjid Nurul Iman Pasir Bungur Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak, Banten

Hj. Iti Octavia Jayabaya bersama jajarannya meresmikan mesjid Nurul Iman Pasir Bungur Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak, Banten, Rabu (1/3/2017) yang mana sumber dana pendirian mesjid ini dari masyarakat setempat sepenuhnya.

Dihadapan ratusan masyarakat, dalam pidatonya Bupati Lebak  menjelaskan pentingnya peran mesjid dalam peradaban perkembangan dunia islam bukan hanya sekedar tempat suci melaksanakan ibadah shalat dan mengaji, tapi juga sebagai pusat kehidupan masyarakat muslim dan tempat kegiatan-kegiatan ibadah lainya seperti perayaan hari besar islam, diskusi keagamaan, kajian agama, ceramah dan belajar Al’quran.

Lebih lanjut Bupati mneceritakan bahwa mesjid pada jaman Rasulullah SAW, dijadikan pusat pemerintahan untuk mengatur kegiatan – kegiatan pendidikan, sosial dan ekonomi.

Dibidang pendidikan Rasulullah menjadikan mesjid sekolah, pesantren dan masdrasah untuk mengajar keagamaan kepada para sahabat dan pengikutnya setelah melaksanakan ibadah shalat. Fungsi selanjutnya dibidang ekonomi, mesjid digunakan sebagain baitul Mal yang mendistribusikan harta zakat dan sedekah kepada fakir miskin agar membantu masyarakat dari golongan kurang mampu secara ekonomi dan terakhir mesjid dijadikan tempat berkumpul dan bersilaturahmi kaum muslim.

Bupati mengingatkan kepada masyarakat, akan derasnya aliran Sekularisasidan pandangan hidup materialisme karena tanpa disadari hal-hal tersebut mengurangi peranan mesjid dakam hidupan umat islam yang mempersempit bahkan peran mesjid menjadi terpinggirkan.

“Besarnya gelombang sekularisasi yang mempengaruhi pandangan orang terhadap agama, telah menjadikan agama dan lembaga-lembaga agama hanya sebagai pelengkap dalam kehidupan. Ini yang harus kita waspadai dan kita hadapi bersama” Ungkapnya.

Bupati mengapresiasi dan mengucapkan terim kasih kepada masyarakat Pasir Bungur khususnya Tokoh Keluarga Besar Pasir Bungur yang telah turut serta membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan yang salah satunya pembangunan manusia yang berakarakter

“Kami pemerintah tidak dapat bekerja sendiri, namun perlu sinergitas dari masyarakat termasuk Keluarga besar masyarakat Pasir Bungur Cimarga beserta Tokoh-tokohnya untuk bersama-sama bertekad membangun lebak dengan percepatan pembangunan dan masyarakat dapat memakmurkan mesjid yang baru ini.” Pungkasnya.

Tokoh masyarakat Pasir Bungur Hj. II Suptajiri yang juga donatur terbesar pembangunan mesjid Nurul Iman mengatakan pembangunan mesjid Nurul Iman merupakan mesjid yang dibiayai oleh Keluarga Besar Pasir Bungur , sebagai bentuk kepedulian masyarakat terhadap bidang keaagamaan dan juga turut serta membantu pemerintah dalam program menciptakan manusia yang berkarakter berakhlakul karimah.

“Mesjid ini menelan biaya 1.6 Milyar rupiah dan kami berharap semoga mesjid ini dapat bermanfaat bagi masyarakat” Pungkasnya.

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE