Sejumlah Makanan dalam Kemasan Ditemukan Kadaluarsa

Lebak- Sejumlah makanan dan minuman dalam kemasan ditemukan pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lebak sudah dalam periode kadaluarsa, Rabu (30/5). Makanan tersebut meliputi abon sapi dari salah satu merk, keripik nangka, keripik pisang.
Kepala Disperindag Lebak, Dedi Rahmat menyatakan telah menemukan sejumlah makanan dalam kemasan yang telah kadaluarsa dan makanan yang kemasannya rusak. Selain itu sayur-sayuran yang secara kasat mata sudah layu, sehingga tidak layak lagi diperjualbelikan.
“hari ini  saya bersama Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) Banten, serta Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebak, mendatangi dua waralaba di Rangkasbitung. Hasilnya telah ditemukan beberapa makanan dalam kemasan yang akhirnya saya perintahkan untuk ditarik,”ujar Dedi usai melakukan sidak di Giant dan Alfamart.
Dedi menegaskan bila perintah penarikan terhadap makanan dalam kemasan yang bermasalah tersebut tidak diindahkan pengelola kedua waralaba tersebut, maka pihaknya akan menjatuhkan sanksi tegas, serta membawa permasalahan tersebut ke ranah hukum.
“besok kami akan kembali melakukan pengecekannya ketempat dua waralaba tersebut, dengan tujuan mencari tahu apakah makanan dalam kemasan yang kami anggal bermasalah, sudah ditarik atau belum,”katanya.
Kepala Bidang Perdagangan pada Disperindag Lebak, Saepudin menambahkan, pengawasan terhadap makanan maupun minuman dalam kemasan akan terus dilakukannya hingga beberapa hari menjelang hari raya Idul Fitri. Sedangkan alasan pemeriksaan itu sendiri, karena Disperindag tidak ingin ada konsumen yang dirugikan.
“ada sejumlah makanan, minuman dan sayur-sayuran yang tidak layal untuk diperjualbeikan. Agar hal itu tidak terjadi lagi, maka kami akan rutin malukan pemeriksaan keseluruh waralaba maupun toko dan kios di Pasar Rangkasbitung,”katanya.
social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Website Security Test