Tim Saber Got “Buru” Sampah di Rangkasbitung

Lebak- Tim sapu bersih (Saber) Got, membersihkan seluruh saluran air atau selokan dari tumpukan sampah yang berada dalam selokan. Hal tersebut dilakukan karena, keberadaan sampah sampah  itu menjadi penyebab utama terjadinya banjir di wilayah perkotaan, apalagi jika musim penghujan datang, maka jika hujan mengguyur selama dua jam saja, otomatis jalan jalan protokol menjadi menjadi banjir.

“Kita membersihkan seluruh sampah sampah yang berada di dalam selokan, lantaran penyebab banjir diwilayah perkotaan dikarenakan banyaknya sampah. Untuk itu, kami mengangkut seluruh sampah yang ada di dalam saluran air,”kata Entoy Saefudin, ketua Tim saber Got Kabupaten Lebak, Minggu 23-Juli-2017.

Kata Entoy, sebagus apapun sarana dan prasarana yang dimiliki, baik itu taman ataupun drainase tidak akan bertahan jika tidak dilakukan pemeliharaan secara berkala, termasuk juga membersihkan tumpukan sampah yang berada diareal lokasi taman dan pasilitas umum lainnya.

“Sebagus apapun sarana dan prasarana, tetap saja harus dilakukan pemeliharaan dan membersihkan lingkungan secara berkala, termasuk mengangkat sampah yang ada di dalam selokan,”kata Entoy lagi.

Pantauan dilapangan, tim saber got membersihkan selokan yang berada di jalan jalan protokol semisal jalan Iko Jatmiko, Jalan Abdi Negara, Jalan Nata Atmaja, Jalan alun alun timur sampai dengan perempatan Bank BRI Rangkasbitung.

Didi Arendi, salah seorang pengamat sosial asal Kabupaten Lebak mengatakan, pihaknya menilai jika di sekitar taman taman dan pasilitas sosial yang berada di kawasan kota Rangkasbitung seakan percuma, lantaran disekitar lokasi tersebut tidak disediakan tempat pembuangan sampah, sehingga masyarakat seenaknya membuang sampah sembarangan.

“Saya melihat tidak ada tempat sampah di sekitar taman taman, untuk itu saya menghimbau agar pemerintah daerah menyediakan tong tong sampah disekitar taman,”kata Didi.

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *