Upacara Peringatan Hari Bela Negara

Upacara Peringatan Hari Bela Negara

belanegara
LEBAK
– Senin, tanggal 19 Desember 2016 merupakan Hari Bela Negara yang diperingati secara nasional baik di tingkat pusat maupun daerah. Upacara Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2016 tingkat daerah kabupaten lebak diselenggarakan di Alun-alun Rangkasbitung (19/12/16).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dengan Komandan Upacara Kasat Polpp Ruly Edward. turut hadir unsur forkopimda, perwakilan pegawai dari instansi pemerintah, TNI, Polri, organisasi masyarakat, mahasiswa dan pelajar.

Pemerintah RI mengeluarkan Keputusan Presiden RI Nomor 28 Tahun 2006 tentang Hari Bela Negara, sebagai hari nasional yang wajib diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia. Peringatan Hari Bela Negara yang diperingati setiap tanggal 19 Desember adalah dalam rangka mengenang berdirinya Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada tanggal 19 Desember 1958 di Sumatera Barat.

PDRI diprakarsai oleh Mr. Sjarifuddin Prawiranegara bersama sejumlah tokoh saat itu sebagai salah satu upaya mempertahankan eksistensi dan kelangsungan hidup Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang nyaris berakhir akibat agresi Belanda kedua. Pada saat itu, Belanda telah menguasai ibukota negara di Yogyakarta yang disertai dengan penangkapan terhadap Presiden RI, Wakil Presiden RI dan sejumlah Menteri.

Peristiwa bersejarah tersebut menunjukan kepada seluruh bangsa Indonesia, bahwa membela negara dalam rangka menjaga kelangsungan hidup bangsa dan negara, tidak hanya diwujudkan dengan mengangkat senjata atau kekuatan militer (hard power) semata. Tetapi, Bela Negara juga dapat diwujudkan melalui bidang lain yaitu dengan kekuatan non militer (soft power) seperti perjuangan politik dan diplomasi sebagaimana yang terjadi pada 19 Desember 1948. KEK

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *