Visitasi Kepemimpinan Nasional DIKLATPIM TK.II Angkatan XLII Tahun 2017

Visitasi Kepemimpinan Nasional DIKLATPIM TK.II Angkatan XLII Tahun 2017

visitasi

Wakil Bupati Lebak H. Ade Sumardi didampingi jajarannya dan Kepala Pusdiklat Kepemimpinan Aparatur Nasional Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Purwastuti berikut Tim Advance LAN-RI menghadiri acara Visitasi Kepemimpinan Nasional DIKLATPIM TK.II Angkatan XLII Tahun 2017 di Aula Terbatas Setda Lebak, Rangkasbitung, Selasa 21/3/2017.

Wakil Bupati H. Ade Sumardi menjelaskan bahwa Kabupaten Lebak memiliki luas wilayah 304.472 Ha terdiri dari 28 Kecamatan dengan 340 Desa dan 5 Kelurahan dan miliki 1.269.812 jiwa dan masih berstatus Kabupaten tertinggal sehingga dapat dibayangkan kondisi desa-desa yang berada di Kabupaten Lebak perlu mendapatkan perhatian dan kerja keras dari kita semua terutama dukungan dari pemerintah pusat dalam hal pembangunan infrastruktur.

Lebih lanjut Ade menyampaikan lahirnya Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa harus menjadi menjadi momentum bagi daerah dalam membangun desa dan dengan adanya undang-undang tersebut dapat membesarnya kewenangan desa dan meningkatkan sumber pendapatan desa salah satunya melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang kini telah terbentuk sebanyak 123 Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang tersebar di 24 Kecamatan di kabupaten Lebak.

“Tahun 2017 anggaran yang masuk desa melalui Program Dana Desa sebesar kurang lebih Rp. 406 Milyar, adapun penggunaan dana itu yang didasarkan hasil musyawarah desa dengan berpedoman kepada peraturan yang telah ditetapkan yaitu sebesar 30% untuk beban tetap/operasional pemerintah desa dan 70% digunakan untuk pemberdayaan pembangunan dan pembinaan masyarakat dan terkait pembangunan sarana prasarana dilakukan dengan pola padat karya yang antara lain jembatan gantung, poros desa, jembatan antar kampung, irigasi tersier, jalan lingkunganm gedung serbaguna, MCK, turap dan lain-lain.
” Jelas Ade.

Wakil Bupati berharap dengan adanya DIKLATPIM yang di hadiri oleh Team Advance LAN-RI dapat membawa semangat baru untuk terus membangun desa dalam rangka percepatan pembangunan di Kabupaten Lebak.

Dalam acara Visitasi Kepemimpinan Nasional DIKLATPIM TK.II Angkatan XLII Tahun 2017, Kepala Pusdiklat Kepemimpinan Aparatur Nasional Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Purwastuti, turut memberikan masukan-masukan kepada pemerintah Kabupaten Lebak terkait pengetasan desa-desa yang tertinggal dalam percepatan pembangunan.

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *