Hari Solidaritas Asia – Afrika

Sejarah tanggal 24 April berkaitan dengan serangkaian acara Konferensi Asia Afrika di Bandung. Pelaksanaan Konferensi Asia Afrika ke 60 di kota Bandung tahun 2015 lalu menjadi momen penting dengan ditetapkannya tanggal 24 April sebagai Hari Solidaritas Asia Afrika. Hal ini menjadi salah satu bukti untuk mengukuhkan kota Bandung sebagai Ibukota Solidaritas Asia Afrika semenjak pertama kali diadakan Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955.

Dengan ditetapkannya Hari Solidaritas Asia Afrika, menjadi bukti kesadaran bangsa Asia Afrika untuk bersama-sama menjaga ketentraman dan kedamaian dunia. Pada awal mula KAA berdiri hanya diikuti oleh 29 negara sebagai anggota dan hingga saat ini mengalami peningkatan yang tinggi yaitu 91 negara yang berasal dari benua Asia dan Afrika.

Solidaritas Asia Afrika tercipta atas keprihatinan kondisi di sebagian wilayah Asia Afrika yang masih mengalami permasalahan dalam segala hal. Hasil dari KAA sendiri pada tanggal 24 April 1955 mencerminkan sikap solidaritas antar negara dengan dituangkan dalam hasil KAA yaitu kerjasama ekonomi, kebudayaan, hak-hak asasi manusia dan menentukan nasib sendiri, permasalahan rakyat jajahan, dan permasalahan lainnya. Bentuk hasil KAA tersebut lebih-lebih dijabarkan kembali pada “Dasasila Bandung”.

social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Website Security Test