Pantai Tanjung Layar, Alternatif Wisata Ditanah Multatuli, Kabupaten Lebak , Provinsi Banten.

Jika kamu merasa butuh alternatif liburan ke pantai yang tidak itu-itu saja. Kawasan selatan Kabupaten Lebak dapat djadikan pilihan utama. Kabupaten Lebak sendiri berada di selatan Provinsi Banten sekitar dua jam ke selatan dari  Wilayah Tangerang Raya. Tanah Multatuli menawarkan banyak sekali pantai selatan. Sejumlah pantai dengan masing-masing ciri khusus bisa kamu pilih untuk dinikmati. Kelebihan dari pantai-pantai di Lebak selatan adalah kealamiaannya yang masih terjaga, bersih, dan akses yang sekarang mulai berbenah menjadi lebih mudah dilalui.
Berbicara soal pantai, beberapa waktu lalu  saya datang ke salah satu pantai di Lebak selatan dengan ciri khas pantai yang nan asri disertai dengan dua batu kembar yang kerap menjadi tujuan utama wisatawan berkunjung. Sebut saja pantai tersebut Tanjung Layar Sawarna.
Pantai Tanjung Layar Sawarna, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Pantai ini terletak di Desa Sawarna , Kecamatan Bayah. Sekitar Empat jam dari pusat kota Rangkasbitung ke arah selatan. Pantai ini masih satu kawasan dengan Pantai Bagedur, Pantai Ciantir, Goa Lalay dan beberapa Curug yang juga bisa memanjakan mata dan pikiran wisatawan.
Untuk masuk ke kawasan ini akan ada pintu masuk dimana kita akan membayar tiket 15.000,- per orang. Ukuran harga yang cukup murah untuk berlibur di kawasan wisata pada umumnya.
Ombak Pantai Tanjung Layar yang besar, membuat wisata terlaris di tanah Multatuli ini dijuluki sebagai pantai Kute Bali season 2 .
Untuk mencapai Pantai Tanjung Layar, silahkan menuju kecamatan Bayah sekitar empat jam ke arah selatan dari pusat kota.
Tak perlu khawatir, Tanjung Layar saat ini sudah terdeteksi pada aplikasi Google maps sehingga dapat memudahkan para pelancong yang ingin mengetahui keindahan pantai Selatan.
Akses jalan menuju kawasan ini sudah sangat bagus, namum tak sedikit juga jalan berlubang akan dijumpai belum lagi kendaraan besar milik perusahaan semen yang terkadang melintas dijalan tersebut.
Jaminan keindahan kondisi pantai akan diberikan lantaran pantai ini juga terkenal sebagai surga tersembunyi pantai Sawarna, karena jauh berada di pemukiman dan keramaian. Jika dilihat dari kejauhan, pantai ini seperti 2 buah layar perahu atau kapal pesiar yang membentang siap mengarungi samudera, dua buah karang kembar ini sama sama menghadap ke arah selatan dan barat, layaknya orang memandang lautan dan matahari yang tenggelam diufuk barat.
Pantai tanjung layar juga diceritakan dalam babad sunda dan legenda dongeng pesisir selatan, menurut dongeng dan cerita para terdahulu sesepuh banten pakidulan atau banten selatan, pada jaman dahulu kala, karang dua ini adalah jelmaan dari 2 buah kekuatan yang akan dijadikan layarnya perahu atau kapal si sangkuriang untuk berlayar mengarungi samudera selatan setelah melangsungkan pernikahannya dengan dayang sumbi/ atau ibunya sendiri, namun tuhan / sang hyang widi tidak mengabulkan dan mengijinkan kehendak sangkuriang.

Maka diamuklah semua peralatan perahu/kapal termasuk layarnya, konon menurut cerita kapal itupun ditendang kesebelah bagian utara dan berubahlah menjadi gunung besar atau sekarang disebut tangkuban perahu, nah kalau layar-layar yang besar dilempar kebagian selatan pulau jawa dan berubahlah menjadi karang yang kokoh dan tegar dipantai selatan, tepatnya diwilayah provinsi banten, tepatnya desa sawarna, kecamatan bayah.

Menurut salah tokoh desa sawarna aki kundie dan ki yani, pada bulan mulud dimalam jum’at kliwon mengadakan ritual dan pemanggilan penjaga pantai selatan dan pantai tanjung layar, diibaratkan 2 karang tanjung layar itu adalah 2 buah gunungan emas yang mengkilap dan bercahaya yang diatasnya ada seekor naga yang menjaganya.

Dan disebelah barat kearah laut sekitar 10 meter dari karang tanjung layar ada sebuah batu permata emas yang sangat mengkilap dan bercahaya dengan berbagai warna yang memancar dari batunya, letak permata ini ada didalam karang, jika terjadi penampakan atau muncul kepermukaan, maka akan ada cahaya yang keluar dari dasar laut sekitar dengan cahaya yang sangat terang dan mengkilap.

jika kita perhatikan atau kita photo dari atas dengan menggunakan drone, maka karang tanjung layar dilindungi oleh karang genteng dalam bahasa sunda atau karang yang membentang dari timur kebarat, menghadang dan menghalang pantai karang tanjung layar dari amukan dan terpaan ombak ganas samudera hindia yang besar, ada 2 jajar karang yang membentang menghadang karang tanjung layar ini.

Wisata Pantai Tanjung Layar di Sawarna Lebak Banten bisa dibilang sebuah wisata pantai yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

– Area Parkir kendaraan

– Penginapan

– Penyewaan  Payung Pantai

– Rumah Makan

– Kamar mandi / MCK

– Tempat Istirahat

– Cafe

– dan masih banyak lainya.
Saran dan tips sebelum menuju ke tempat Wisata Pantai Tanjung Layar di Sawarna Lebak Banten, yaitu pantaulah cuacanya terlebih dahulu supaya tidak menghalangi liburannya. Anda perlu mempersiapkan keperluan yang akan butuhkan seperti membawa bekal, air minum dan lainnya. Serta beberapa barang tambahan seperti  kamera karena anda pasti ingin mengabadikan moment bersama kelurga ataupun teman – teman anda.
social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE