Terungkap Cara Bupati Lebak Menjaga Kesehatan

oleh admin

LEBAK,- Memanah melatih emosi untuk menempatkan ‘target’ pada satu sasaran. Jika emosi kita terganggu, sudah pasti target akan mudah melenceng. Secara tidak langsung olahraga ini melatih kita untuk belajar tenang dan mengendalikan emosi. Seseorang yang tidak tenang, gugup, pemarah, kurang sabar bukanlah seorang pemanah yang baik. Hal itu disampaikan oleh Bupati Lebak, Hj. Iti Octavia Jayabaya saat Latihan Panahan di Stadion Ona Rangkasbitung, Kamis (17/09/2015).

Menurutnya Memanah juga sangat menitik beratkan keseimbangan tubuh. Pada saat melenturkan anak panah di busurnya, kemudian melepaskannya perlu ada kekuatan fisik. Olahraga ini juga dapat membangun fokus dan konsentrasi dalam menyemai rasa tanggung jawab dan disiplin diri, meningkatkan jati diri dan keyakinan pribadi.

“Orang yang memiliki banyak karakter pribadi seperti ini Insya Allah akan mudah melewati segala rintangan dalam hidupnya” Ujar Bupati.

Tidak ada salahnya kalau masayakat mencontoh Bupati Lebak untuk mencoba olahraga yang sudah populer sejak jaman dahulu ini, bahkan Sabda Rasulullah SAW, “Kamu harus belajar memanah karena memanah itu termasuk sebaik-baik permainanmu.” (Riwayat Bazzar, dan Thabarani dengan sanad yang baik).
Tujuan utama olahraga memanah adalah menciptakan karakter yang kuat dalam diri untuk menjadi seorang pemimpin yang bijaksana dan hebat.
Olahraga memanah memiliki banyak manfaat, selain untuk kesehatan fisik yakni menjaga fleksibilitas otot di jari tangan, lengan, hingga pundak, melatih keawasan atau ketajaman pandangan mata, melancarkan peredaran darah dalam tubuh dan lainnya. Juga memiliki manfaat untuk kesehatan Psikis di antaranya Melatih Konsentrasi, Menjaga Kesabaran dan Positive Thinking serta Percaya Diri.
Dengan beragam manfaat olahraga memanah dari segi psikis tersebut, tentu mengarah kepada sistem pembentukan pribadi yang kuat sebagai pondasi yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. (ADH)

TERKAIT

KOMENTAR

Belum ada komentar dalam artikel ini

Tanggapi

KETENTUAN

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

BERITA TERKINI

Berita Terbaru dari Pemkab Lebak
Index Berita