Pemkab Lebak Klaim Porkab ll Ajang pembinaan dan seleksi Atlit

LEBAK – Pemerintah Kabupaten Lebak melalui Dinas pemuda dan olahraga (Dispora) setempat akan menggelar pekan olahraga kabupaten (Porkab) ll Lebak 2017 yang akan berlangsung pada Senin-Sabtu (24-29/7) dan mempertandingkan sebanyak 12 cabang olahraga (cabor).
Kepala Dispora Lebak Uus Sutisna mengatakan, dari dua belas cabor tersebut diantaranya adalah atletik, sepakbola, pencak silat, sepak takraw, voli, basket, tenis meja, bulutangkis, catur, karate, taekwondo, dan futsal. 12 Cabor ini juga yang memasyarakat di 28 kecamatan di Kabupaten Lebak.
“Kita tidak bisa memaksakan cabor tinju harus dipertandingkan pada Porkab. Soalnya tidak semua kecamatan membina atlet tinju. Makanya kita pilih yang memasyarakat saja. Sedikit tapi kan ada pembinaannya dan ada hasilnya,” ujar Uus, kepada Banten Hits, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (21/7/2017)
Menurutnya, multievent olahraga antar kecamatan ini sebagai wadah pembinaan dan sekaligus seleksi atlet untuk menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V tahun 2018 di Kabupaten Tangerang.
“Atlet-atlet yang terbaik hasil Porkab ini nantinya akan kita bina lagi untuk menghadapi Porprov. Supaya kemampuan atlet semakin mumpuni dan bersaing di tingkat Banten,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Bidang Olahraga Dispora Lebak Dani Wardani mengungkapkan, persyaratan atlet yang akan berlaga pada Porkab kelahiran 2000-2001.
“Batas minimal atlet yang boleh ikut Porkab tahun ini adalah usia 16 tahun, sampai maksimal 20 tahun. Tapi tidak semua cabor sama. Beda cabor pasti beda aturan,” ungkap Dani.
Lanjutnya, pada porkab ke ll ini sedikit berbeda dengan Porkab ke l. Dimana Porkab sekarang peserta devile dari masing-masing kecamatan akan dinilai dan diberikan penghargaan.
“Kalau Porkab pertama pserta devile tidak kita nilai, nah untuk memancing kreativitas masyarakat akan kita nilai dan diberikan penghargaan,” ucapnya.
social position

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *