Bekerja Dengan Hati....
Pemerintah Kabupaten Lebak
Bekerja Dengan Hati

Desa Di Lebak Diminta Lebih Inovatif Gunakan Dana Desa

50
Lebak- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lebak setiap pemerintah desa (Pemdes) untuk lebih inovatif dalam menggunakan dana desa (DD). Tujuannya agar terjadi pertumbuhan yang pesat dalam sebuah pedesaan.
Rusito Kepala DPMD Kabupaten Lebak mengatakan Kabupaten Lebak memiliki 340 desa dan 28 kecamatan. Terdata, baru empat masuk kategori desa maju, sementara 122 desa masih tertinggal.
“Desa yang sudah memadai infrastrukturnya, beralihlah ke inovasi usaha. Jika sebelumnya fokus pada pembangunan infrastruktur, kita sekarang sudah masuk ke level dua yakni pemerintahan desa wirausaha,”kata Rusito kepada Banten Hits, Rabu (31/10/2018).
Rusito mengaku keinginan agar desa lebih inovatif untuk menggunakan dana desa tidak hanya bersumber dari pemerintah Kabupaten Lebak, melainkan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Selasa (30/10/2018) di kecamatan Bayah menyampaikan agar desa lebih kreatif dan inovatif dalam menggunakan dana desa sehingga tercipta Income yang menjanjikan untuk pembangunan desa kedepannya.
“masih banyak desa menggunakan dana untuk pembangunan infrastruktur, saya berharap pilihan itu tetap menunjang ke arah pemberdayaan masyarakat. Misalnya, jalan menuju tempat wisata atau ke perkebunan dan sumber usaha lainnya,”paparnya.
Saat ini sambung Rusito kabupaten Lebak tengah berupaya meluncurkan Program Inovasi desa selain Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).
“Bantuan Dana Desa adalah stimulan, jika dikembangkan untuk wirausaha nantinya sanggup memberi pemasukan pada desa itu sendiri,”harapnya.
Sementara Asda 1 Pemkab Lebak Alkadri mengatakan saatbibupembangunan fisik di Lebak sebesar 60 persen, kegiatan masyarakat 30 persen, dan hanya menyisakan sebesar 10 persen untuk pemberdayaan masyarakat.
“Kita dorong semua kepala desa melahirkan ide inovatif untuk memberdayakan masyarakat di wilayahnya masing-masing, potensi di Lebak banyak, hanya dibutuhkan publikasi lebih masif,”katanya.
Untuk diketahui DPMD Kabupaten Lebak , Selasa (30/10/2018) menggelar talkshow dan workshop bertajuk Pemanfaatan Dana Desa untuk Pemberdayaan Masyarakat Lebak Banten di Islamic Center Bayah.
Hadir dalam acara Direktur Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) M. Fachri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Bekerja Dengan Hati

Bagaimana Menurut Pendapat Anda tentang Website ini?