Pemerintah Kabupaten Lebak
Bekerja Dengan Hati

Sekda Lebak Launching Etalase Katalog Lokal Kabupaten Lebak

0 44

Lebak, – Sekertaris Daerah Kabupaten Lebak, Budi Santoso, Ap., M.Si., melaunching Etalase Katalog Lokal Kabupaten Lebak dalam Katalog Pengadan Barang/Jasa Pemerintah Kabupaten Lebak. Hal tersebut dilakukan saat menghadiri kegiatan Sosialisasi dan Workshop Pengadaan barang dan Jasa Melalui Katalog Elektronik Dan Toko Daring yang digelar di Aula Multatuli Sekretariat Daerah Kabupaten Lebak pada Rabu (20/7).

Dalam sambutannya Sekda mengatakan bahwa pembangunan yang terjadi di Kabupaten Lebak tidak akan berjalan baik jika produk lokalnya tidak dilibatkan. Untuk itu pihaknya akan memfasilitasi pelaku umkm di Kabupaten Lebak untuk bisa mendapatkan legalitas perusahaan agar bisa dimasukan dalam katalog lokal.

“Yang paling penting adalah pelaku umkm ini menjadi dan bisa berperan dalam belanja pengadaan barang/jasa pemerintah daerah. Akan percuma jika efektif dan efisien tetapi pelakunya bukan dari pengusaha lokal” Ujar Sekda.

Sekda menambahkan bahwa dengan dilibatkannya pengusaha umkm lokal Lebak dalam katalog pengadaan barang/jasa diharapkan mampu menggerakan ekonomi di masyarakat Lebak. Kedepan seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lebak akan berbelanja kebutuhan dari katalog lokal.

Sementara itu dalam paparannya, Asisten Daerah Kabupaten Lebak bidang ekonomi dan pembangunan, Ajis Suhendi, mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi di Kabupaten Lebak. Ajis mengungkapkan bahwa pelaku usaha lokal perlu menyesuaikan dengan kebijakan yang berlaku agar perusahaannya bisa bekerjasama dalam pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Lebak. Terkait syarat administrasi seperti pembuatan izin usaha, pihaknya memastikan bahwa tidak ada biaya yang harus dikeluarkan.

“Jadi untuk pelaku usaha yang ingin membuat izin usaha, jangan ragu untuk melaporkan ke pihak terkait dalam hal ini Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu jika menemukan adanya pihak yang meminta imbalan dalam proses penerbitan izin usaha” Ujar Ajis.

Ajis juga minta kepada pemangku kepentingan terkait penerbitan perizinan usaha, pembuatan NPWP dan pembuatan rekening bank untuk membuka gerai khusus untuk umkm lokal agar bisa memudahkan mereka dalam mengurusnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, Sekeretariat Daerah Kabupaten Lebak, Puranjanu, mengatakan bahwa kegiatan Sosialisasi dan Workshop Pengadaan barang dan Jasa Melalui Katalog Elektronik Dan Toko Daring ini dilakukan bertujuan agar pengadaan barang dan jasa bisa dilakukan secara cepat, mudah, transparan dan akuntabel dengan kualitas dan harga yang terjangkau. Selain itu untuk mendorong partisipasi umkm lokal dalam mengisi katalog lokal. Saat ini di Kabupaten Lebak terdapat 10 etalase katalog yang bisa dimanfaatkan oleh pengusaha lokal untuk memasarkan produknya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Bekerja Dengan Hati

Bagaimana Menurut Pendapat Anda tentang Website ini?

Call Now ButtonLebakSiaga 112